Mokah Puasa

Kehebohan Film Begituan di Jogja Tahun 90an

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – ilm esek-esek sempat mencoreng predikat Jogja sebagai kota pelajar. Di awal tahun 90an, banyak para pelajar di sejumlah SMA yang kedapatan membawa film ke sekolah. Para guru kelabakkan dan melaporkan maraknya peredaran ini ke kepolisian. Laporan tidak hanya dari satu sekolah, namun hampir tiap sekolah yang ada di Jogja. Banyaknya laporan ini […]

BERITA JOGJA – ilm esek-esek sempat mencoreng predikat Jogja sebagai kota pelajar. Di awal tahun 90an, banyak para pelajar di sejumlah SMA yang kedapatan membawa film ke sekolah. Para guru kelabakkan dan melaporkan maraknya peredaran ini ke kepolisian.

Mokah Puasa

Istimewa

Laporan tidak hanya dari satu sekolah, namun hampir tiap sekolah yang ada di Jogja. Banyaknya laporan ini membuat kepolisian membuat operasi khusus untuk menekan peredaran film bernama Operasi Kotak Hitam. Kala itu, film begituan sendiri memang disebut kaset hitam karena sampulnya yang berwarna hitam dan tidak berjudul. Selain itu besarnya empat kali kaset tape sehingga sering disebut juga kaset kotak hitam.

Kepolisian merazia rental-rental kaset di Jogja. Bagi yang ketahuan menyewakan kaset hitam, langsung ditutup dan pemiliknya digelandang ke kantor polisi. SKH KR tahun 89 bahkan mencatat bahwa operasi ini dilakukan terus menerus sampai peredarannya tidak lagi meresahkan.

Razia khusus ini cukup dipahami. Pasalnya, di zaman Orde Baru (Orba) segala macam yang berbau non pancasilais langsung diberangus karena dianggap menghambat pembangunan dan etika. Meski berhasil diredam, kehebohan kembali terjadi di pertengahan tahun 90an di mana VCD tengah menjamur di masyarakat. Lagi-lagi banyak rental yang menyewakan VCD begituan.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar