Kekerasan Terhadap Jurnalis Pelanggaran HAM Berat

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Wakil Ketua Komnas HAM, Siti Noor Laila meminta kepolisian, Komnas HAM, Dewan Pers, dan organisasi-organisasi jurnalis duduk bersama untuk membahas kekerasan terhadap jurnalis. Hal tersebut dikarenakan kasus kekerasan terhadap jurnalis jarang bisa diselesaikan. Dalam kasus pembunuhan wartawan harian Bernas, Fuad Muhammad Syafruddin alias Udin di Jogja misalnya. Sudah 19 tahun tak kunjung […]

BERITA JOGJA – Wakil Ketua Komnas HAM, Siti Noor Laila meminta kepolisian, Komnas HAM, Dewan Pers, dan organisasi-organisasi jurnalis duduk bersama untuk membahas kekerasan terhadap jurnalis. Hal tersebut dikarenakan kasus kekerasan terhadap jurnalis jarang bisa diselesaikan.

Udin

Demo penuntasan kasus Udin di Titik Nol Kilometer. (Foto: Azka Maula)

Dalam kasus pembunuhan wartawan harian Bernas, Fuad Muhammad Syafruddin alias Udin di Jogja misalnya. Sudah 19 tahun tak kunjung tuntas.

“Para stakeholder harus duduk bersama. Jika ada pola kekerasan yang sama, kekerasan terhadap jurnalis bisa masuk pelanggaran HAM berat,” katanya dalam Seminar Nasional Peringatan 19 Tahun Pembunuhan Wartawan Udin di Auditorium Pascasarjana Universitas Islam Indonesia, Jumat (21/8) lalu.

Menurutnya jika bisa dilakukan konsolidasi dengan stakeholeder tersebut, sangat dimungkinkan jika pemerintah juga merespon dengan baik. “Konsolidasi itu yang penting. Kalau kita bisa lakukan ini, tentu kita bisa menggerakkan pemerintah untuk membangun political will menyelesaikan kasus-kasus itu,” tandasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar