Kelemahan Besar Jogja Sebagai Kota Wisata

Oleh Jatu Raya,

Potensi wisata Jogja itu sampai malam hari. Tapi tidak bisa optimal karena terbatasnya transportasi umum.

BERITA JOGJA – Mendunianya Jogja lewat instagram dan media online menguntungkan Pemerintah Daerah (Pemda) dan Kabupaten. Setiap tahun tidak sedikit Wisatawan lokal maupun manca yang nge-Jogja. Namun di balik keterkenalan itu, Jogja masih punya kelemahan besar sebagai Kota wisata.

Kelemahan yang cukup dirasakan adalah transportasi umum wisata. Terbatasnya tranportasi umum ke tempat-tempat wisata ini berkali-kali sudah disinggung oleh Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM. Iwan Puja Riyadi, penelitu pustral misalnya terbatasnya waktu operasional dan sedikitnya armada menjadi kelemahan utama.

Wisata Jogja

Istimewa

“Potensi wisata Jogja itu sampai malam hari. Tapi tidak bisa optimal karena terbatasnya transportasi umum. Pemangku kebijakan harusnya melihat situasi ini. Transportasi umum belum bisa dikatakan mendukung Jogja sebagai Kota Wisata,” terangnya.

Sama halnya dengan Iwan, Lilik Wachid, yang juga peneliti pustral mengungkapkan pemerintah harus menyediakan moda transportasi yang memadai untuk menjangkau tempat-tempat wisata di Empat Kabupaten dan Kotamadya. Selain itu transportasi tradisional seperti becak dan andong juga harus dioptimalkan.

“Becak misalnya bisa ditempatkan di tempat wisata tertentu yang rutenya disesuaikan dengan cerita di tempat wisata tersebut,” harapnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar