kenakalan ABG

Kenakalan ABG Jogja Tahun 90an dan Kekinian Enggak Jauh Beda

Oleh Jatu Raya,

Kenakalan remaja tiap zaman itu enggak jauh beda, yang beda cuma "mainan" yang dipakai buat media kenakalan itu.

BERITA JOGJA – Anak Baru Gede (ABG) punya kenakalan sesuai zamannya masing-masing. Bisa benar, bisa juga salah. Soalnya nih, kalau dilihat-lihat kenakalan remaja per zaman itu enggak jauh beda. Yang baru cuma mainan yang dipakai sebagai media buat kenakalan itu.

kenakalan ABG

Istimewa

Tawuran misal. Dari dulu, hal beginian udah sering dilakuin sama banyak ABG sampai sekarang. Bedanya, kalau dulu sih kebanyakan tawuran face to face alias pake tangan kosong. Tapi pelan-pelan mulai pakai senjata tumpul sampai tajam dan menimbulkan korban.

“Zaman dulu tuh tawuran di Jogja waktu aku sekolah pake tangan kosong. Pukul ya pukul, tendang ya tendang, banting balas banting. Kalau sudah capek, pulang. Sekarang jadi bahaya, ada yang pakai molotov. Ora mikir blas dampake,” cerita Boy Nugraha, salah satu pentolan Muhi Jogja 1997.

Terus ada lagi kenakalan minum minuman keras. Di tahun 90-an, para ABG Jogja banyak yang beli minum ini di Jalan Solo. Nah kalau sekarang, tinggal lari ke Jakal buat beli (you know what i mean lah di mana). “Bedanya apa ya, sama saja sih minum buat rame-ramean apalagi pas kumpul-kumpul. Oh iya, bedanya nih sekarang anak-anak mudanya kalau minum lapen, sering dicampur aneh-aneh. Ada yang dicampur pemutih atau sabun, dulu kita mana berani begitu,” kisah Yanto, gali di Samirono lama.

Halaman

1 2 3

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar