PDKT

Kenapa Cewek Menunggu Cowok PDKT Meski Dia Duluan yang Suka?

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Sebagian besar cewek punya kebiasaan unik. Mereka akan menunggu incarannya buat PDKT duluan meskipun si cewek itu sendiri yang suka atau kesengsem duluan. Hal ini bukan persoalan gengsi yang besar saja, tapi ternyata karena faktor lingkungan sosial yang diproduksi secara terus-menerus. Grendi Hendriastomo, Sosiolog UNY, mengatakan bahwa sebenarnya lingkungan memproduksi wacana hal-hal […]

BERITA JOGJA – Sebagian besar cewek punya kebiasaan unik. Mereka akan menunggu incarannya buat PDKT duluan meskipun si cewek itu sendiri yang suka atau kesengsem duluan. Hal ini bukan persoalan gengsi yang besar saja, tapi ternyata karena faktor lingkungan sosial yang diproduksi secara terus-menerus.

PDKT

Istimewa

Grendi Hendriastomo, Sosiolog UNY, mengatakan bahwa sebenarnya lingkungan memproduksi wacana hal-hal tabu yang dilakukan cewek secara terus menerus. Hal inilah yang membuat cewek terus menunggu di-PDKT sama incarannya.

“Misalnya saja ‘ora ilok’ kalau perempuan dulu yang mengejar. Atau ‘pamali’ kalau cewek menunjukkan keagresifannya. Ini diproduksi terus menerus sampai akhirnya memengaruhi perilaku,” ujarnya.

Adanya produksi wacana etika pada perempuan ini juga berakibat pada pola perilaku. Nugrahaeni Ariati, Psikolog, menjelaskan bahwa hal itu menumbuhkan rasa malu dalam diri perempuan. Rasa malu ini yang jadinya memengaruhi perilaku.

“Jadi kenapa terkesan si cewek nunggu ya gara-gara itu. Produksi terus menerus seperti itu bisa sampai memengaruhi sisi emosional. Padahal ya produksi itu cuma melanggengkan kuasa laki-laki, “jelas alumni Magister Ilmu Psikologi UII ini.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar