Seragam sekolah. (Dok Yunia Wijayanto)

Kenapa Sekolah Kudu Pakai Seragam? Ini Jawabannya

Oleh Maya Eka,

Alasan kenapa di Indonesia anak-anak sekolah kudu memakai seragam ini bisa dilacak sejak Belanda menerapkan politik balas budi

BERITA JOGJA – Sekolah di Indonesia, termasuk Jogja, mewajibkan siswa dan siswinya memakai seragam. SD seragam warna merah-putih, SMP putih-biru, dan SMA putih abu-abu. Saat hari Jumat biasanya seragamnya diserahkan ke masing-masing sekolah dan hariu berikutnya cokelat-cokelat seragam Pramuka, atau juga sebaliknya. Sementara itu di sejumlah negara barat, dari tingkat SD sampai SMA enggak diwajibkan memakai seragam.

Seragam sekolah. (Dok Yunia Wijayanto)

Seragam sekolah. (Dok Yunia Wijayanto)

Alasan kenapa di Indonesia anak-anak sekolah kudu memakai seragam ini bisa dilacak sejak Belanda menerapkan politik balas budi ke Indonesia. Van Deventer, penggagas politik balas budi berniat mendirikan sekolah-sekolah sebagai bentuk balas budi setelah rakyat diperas keringatnya buat kerja paksa. Tapi cuma anak Priyai atau bangsawan yang boleh masuk sekolah.

Pendirian sekolah ini diteruskan dengan sistem penyeragaman pakaian di sekolah. Anak-anak priyai kudu memakai seragam bergaya Eropa, yaitu rok atau blouse buat anak perempuan, terus yang laki-laki memakai kemeja dan celana pendek. Warisan Belanda ini dilanjutkan ketika Orde Lama (0rlam). Anak-anak sekolah di era Orlam, khususnya tahun 1950-an diseragamkan dengan memakai atas putih dan bawahan hitam dengan seruan kerapian yang melambangkan intelektualitas para siswa.

Nah terus pas Orde Baru (Orba) warisan penyeragaman ini berlanjut dengan adanya kebijakan dari pemerintah untuk membebaskan warna pakaian sekolah tapi tetap seragam. Jogja jadi pionir nih buat warna seragam anak SMA dengan memakai putih-abu-abu. Hal ini dilanjutkan tahun 1982 saat pemerinta menyeragamkan pakaian sekolah melalui Surat Keputusan (SK) Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 52 tanggal 17 Maret 1982 yang mengatur penyeragaman sekolah negeri yang kita lihat sampai sekarang.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar