Keren! PSK di Jogja Bikin Pameran Foto

Oleh Kresna,

Sedikitnya ada 30 foto yang diikutsertakan yang menggambarkan kehidupan mereka sehari-hari

BERITA JOGJA – Pekerja Seks Komersil (PSK_ di Jogja unjuk kebolehan memotret. Mereka menggelar pameran foto tentang kehidupan mereka sehari-hari di Pendopo Kelurahan Giwangan, Umbulharjo, Kota Jogja, Kamis (17/12).

karya PSK

Salah satu karya foto seorang PSK yang dipamerkan. (Foto: Kresna)

Ketua P3SY (Perhimpunan Perempuan Pekerja Seks Yogyakarta), Sarmi, menjelaskan pameran ini digelar dalam rangka peringatan Hari Anti Kekerasan Terhadap Pekerja Seks. “Ini salah satu bentuk kampanye teman-teman PSK yang kami dampingi untuk menyuarakan anti kekerasan terhadap pekerja seks,” katanya pada beritajogja.id, Kamis (17/12).

Pameran tersebut menggambarkan kehidupan para PSK sehari-hari. Mereka memotret aktivitas mereka dan juga lingkungan tempat tinggal mereka. Sedikitnya ada 30 foto yang diikutsertakan dalam pameran tersebut. “Foto ini hasil karya mereka sendiri. Kita bekali mereka dengan pelatihan fotografi sebelum pameran ini,” terangnya.

Selain pameran, mereka juga menggelar diskusi publik tentang kekerasan yang terjadi pada PSK selama ini. Dari data yang dimiliki P3SY, selama 2015 ini ada 11 kasus kekerasan terhadap PSK di Jogja. “Masyarakat mungkin boleh membenci profesi PSK, tapi jangan lakukan kekerasan. Mereka juga punya hak untuk bekerja dan mendapat perlindungan,” tandasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar