Keren! Siswa SMA 3 Jogja Absen Pakai Scan Wajah

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Kemajuan teknologi benar-benar dimanfaatkan SMA 3 Jogja. Itu terbukti dengan teknologi absensi kehadiran siswa-siswi di SMA 3 Jogja yang menggunakan scan wajah. Layaknya di film-film, para siswa cukup berdiri didepan alat scan wajah, menghadap ke layar, lalu mesin akan mendeteksi wajah mereka. Tak sampai dua detik, absensi selesai. Menurut Staf Kominfo SMA […]

BERITA JOGJA – Kemajuan teknologi benar-benar dimanfaatkan SMA 3 Jogja. Itu terbukti dengan teknologi absensi kehadiran siswa-siswi di SMA 3 Jogja yang menggunakan scan wajah. Layaknya di film-film, para siswa cukup berdiri didepan alat scan wajah, menghadap ke layar, lalu mesin akan mendeteksi wajah mereka. Tak sampai dua detik, absensi selesai.

Siswa SMA 3 Jogja absen dengan menggunakan scan wajah

Siswa SMA 3 Jogja absen dengan menggunakan scan wajah

Menurut Staf Kominfo SMA 3 Jogja, Rudy Hartanto, mesin absensi ini sudah dipasang sejak satu tahun yang lalu. Mesin tersebut merupakan sumbangan CSR dari salah satu provider telpon seluler di Indonesia.

“Kita sudah setahun pakai ini, kebetulan mendapat CSR lalu kita gunakan,” katanya saat ditemui beritajogja.id, Sabtu (6/6).

Selain menscan wajah, alat ini juga bisa menggunakan kartu sebagai penggantinya. Kartu yang berisi chip data siswa bisa langsung didekatkan ke mesin dan akan langsung terdeteksi.

“Kalau pakai kartu nggak perlu repot juga, misal kartu ada di tas atau di dompet, cukup dompet atau tas didekatkan, sudah akan terdata,” ujarnya.

Selain itu, alat ini bisa langsung memberikan rekap kehadiran siswa secara online. Bahkan jika ada siswa yang tidak hadir mesin ini akan langsung mengirimkan sms ke orang tua siswa yang bersangkutan jika anaknya tidak masuk sekolah.

“Kita gunakan juga SMS getway, begitu ada yang bolos, orang tuanya akan dapat pemberitahuan lewat sms, kalau anaknya tidak masuk sekolah,” tandasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar