Ketahuan Selundupkan HP ke Ruang UN, Siswa Kena Diskualifikasi

Oleh Kresna,

Adanya siswa yang membawa HP saat UN itu membuat Ombudsman curiga adanya kerjasama dengan pihak sekolah.

BERITA JOGJA – Saling contek soal UN Bahasa Indonesia yang terjadi di Jogja beberapa waktu lalu (Baca: 195 Siswa di Jogja Saling Contek Soal UN Bahasa Indonesia via Line) mendapat reaksi keras dari sejumlah pihak. Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Jogjakarta contohnya, bakal mendiskualifikasi para siswa yang nekat membawa HP ke dalam kelas selama UN kemarin.

smartphone mahasiswa jogja

istimewa

“Kami sudah tegas melarang bawa HP, masih bawa juga. Kami akan memberi sanksi tegas, yaitu didiskualifikasi dari ujian nasional,” ancam Kepala Disdikpora Jogjakarta, Baskara Aji.

Kecurangan itu kini sedang diinvestigasi Ombudsman Jogjakarta. Disdikpora bakal habis-habisan membantu Ombudsman melakukan penyelidikan. “Kami siap jika Ombudsman membutuhkan keterangan atau apapun,” tegas Baskara.

Adanya siswa yang membawa HP saat UN itu membuat Ombudsman curiga adanya kerjasama dengan pihak sekolah. Jika terbukti, peristiwa ini bakal merusak citra Jogja sebagai Kota Pendidikan.

“Bagaimana bisa siswa menyelundupkan handphone. Atau memang ini ada pembiaran? Ini akan kami dalami, sebab ada indikasi kalau memang pembiaran berarti sekolah juga turut bertanggung jawab,” kata Budi Masturi, Ketua Ombudsman Jogakarta.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar