Ketua DPD RI Setuju Ibukota Pindah ke Kalimantan

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Ketua DPD RI, Irman Gusman setuju jika Ibukota Indonesia dipindahkan dari Jakarta ke Kalimantan. Menurutnya saat ini Jakarta sudah tidak layak lagi dijadikan Ibukota. Hal tersebut diungkapkannya saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Gedung DPD RI di Jogja, Kamis (11/6). “Jakarta ini sudah tidak layak lagi untuk pelaksanaan Good Goverment, dan memang […]

BERITA JOGJA – Ketua DPD RI, Irman Gusman setuju jika Ibukota Indonesia dipindahkan dari Jakarta ke Kalimantan. Menurutnya saat ini Jakarta sudah tidak layak lagi dijadikan Ibukota. Hal tersebut diungkapkannya saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Gedung DPD RI di Jogja, Kamis (11/6).

Ketua DPD RI Irman Gusman

Ketua DPD RI Irman Gusman

“Jakarta ini sudah tidak layak lagi untuk pelaksanaan Good Goverment, dan memang pusat politik dan bisnis harus dipisahkan,” katanya pada wartawan.

Pemindahan tersebut bukan semata-mata soal Jakarta yang sudah tidak lagi layak, namun juga membuka peluang pembangunan yang merata di Indonesia. Selama ini menurutnya 60 persen lebih pembangunan terpusat di Jawa, sementara di daerah timur menjadi tertinggal.

“Orientasi pembangunan kita di Jawa, kalau Ibukota pindah maka akan terjadi percepatan pembangunan di daerah timur,” tambahnya.

Dia menyadari jika pemindahan tersebut bukanlah masalah yang mudah. Dampaknya pun tidak akan langsung terlihat dan bisa dirasakan secara nyata. Namun dia meyakini dalam waktu 25 tahun perpindahan Ibukota akan membawa kemajuan bagi Indonesia secara menyeluruh.

“25 tahun kemudian mungkin baru akan bisa kita rasakan dampaknya. Karena itu harus dicicil dari sekarang,” tegasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar