Ki Gondo (Dok Istimewa)

Ki Gondo: Sosok Penting di Balik Kongres Sumpah Pemuda

Oleh Kresna,

Ki Gondo nekad menjadi Ketua meski diancam pemecatan dari RHS

BERITA JOGJA – Nama Soegondo Djojopuspito, yang akrab dipanggil Ki Gondo memang kalah tenar dengan Sukarno, Agus Salim, Hatta, Tan Malaka, atau sejumlah pejuang revolusi lain. Padahal perjuangan yang ia lakukan tak kalah heroiknya dengan sejumlah tokoh sejarah lainnya. Ki Gondo adalah orang di balik kesuksesan Kongres Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

Ki Gondo (Dok Istimewa)

Ki Gondo (Dok Istimewa)

Ki Priyo Dwiarso, pengurus Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa mengisahkan bagaimana Ki Gondo nekad menjadi Ketua Panitia Kongres Sumpah Pemuda. Berusia 23 tahun kala itu, Ki Gondo sedang menempuh pendidikan di RHS, Sekolah Tinggi Hukum. Ia nekad menjadi Ketua meski diancam pemecatan dari RHS.

“Tapi beliau sukses mengundang para pemuda masuk ruang kongres dan di akhir pertemuan ditutup dengan lagu ‘Indonesia Raya.” kisah Ki Priyo.

Menjadi Ketua Pantia, Ki Gondo juga kudu menanggung beban biaya untuk peristiwa bersejarah itu. Ia mencari pinjaman dana kongres dan mengurus izin dari pemerintah Hindia Belanda dan mencari sosok yang berani berpidato. Ki Gondo menghembuskan napas terakhirnya di Jogja 23 April 1978 dalam usia 78 tahun.

Atas jasa-jasanya itu Ki Gondo saat ini tengah diusulkan menjadi pahlawan nasional namun terhambat peraturan. Usulan menjadi pahlawan nasional dalam peraturan harus diajukan dari daerah kelahiran tokoh tersebut. Ki Gondo sendiri lahir di Tuban, Jawa Timur 22 Februari 1905.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar