Violette Szabo (Dok.Istimewa)

Kisah 5 Agen Rahasia Cantik, Nomor Satunya dari Kerajaan Mataram

Oleh Jatu Raya,

Mereka menyusup ke satu negara dengan misi khusus dengan memanfaatkan kecerdasan dan kecantikan.

BERITA JOGJA – Adanya agen rahasia atau mata-mata tidak hanya ada dalam film. Di dunia nyata adanya agen rahasia sudah bukan rahasia lagi. Bahkan sudah banyak yang menuliskan soal keberadaan dan cara kerja mata-mata di dunia. Ada Ken Conboy dengan Menguak Tabir Dunia Intelejen Indonesia atau Gordon Thomas yang sudah sering menguak cara kerja intelejen dunia, dari Mossad sampai CIA.

Agen rahasia juga tidak hanya didominasi laki-laki. Di luar James Bond atau Ethan Hawke, banyak agen rahasia perempuan yang menjadi mata-mata dunia. Mereka menyusup ke satu negara dengan misi khusus dengan memanfaatkan kecerdasan dan kecantikan yang mereka miliki. Berikut lima di antara agen rahasia perempuan di dunia yang mencengangkan dunia.

Mata Hari

Mata Hari (Dok.Istimewa)

Mata Hari (Dok.Istimewa)

Nama aslinya Margarthe Zelle. Dia adalah agen rahasia Jerman yang membuat pejabat musuh Jerman tergila-gila sampai membocorkan informasi penting di Perang Dunia I. Menyamar sebagai penari, Mata Hari langsung disukai pejabat teras di negara yang dimasukinya. Sekali bersama Mata Hari, semua informasi penting langsung didapatkan pihak Jerman dengan mudahnya.

Ia dihukum mati di Prancis setelah dicurigai membantu Jerman. Ditangkap pada 1917, Mata Hari membela diri dengan membeberkan dirinya adalah agen ganda, yang juga jasanya dipakai Prancis.

Violette Szabo

Violette Szabo (Dok.Istimewa)

Violette Szabo (Dok.Istimewa)

Violette Szabo jadi salah satu agen rahasia terbaik yang dimiliki Inggris selama masa perang. Ia sukses besar mengawasi pergerakkan Prancis dan melakukan berbagai sabotase.  Sayang, kecantikannya tak berhasil membuat Jerman mabuk. Operasinya ketahuan dan ditangkap pada 1945 dan dieksekusi di usia yang masih sangat muda, 23 tahun.

Nama Szabo cukup legendaris di dunia intelejen Inggris. Bahkan namanya menginspirasi game X Box 360, Velvet Assassin sebagai agen rahasia eksekutif dari Inggris.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar