Ahmad Dahlan

Kisah Ahmad Dahlan Gadai Barang demi Gaji Guru Muhammadiyah

Berbagai barang pribadi dan perlengkapan rumah tangga milik Ahmad Dahlan pun dalam waktu singkat habis terlelang.

Ahmad Dahlan

Istimewa

BERITA JOGJA – Suatu siang di tahun 1921, Ahmad Dahlan tiba-tiba memukul kentongan yang ada di rumahnya. Kentongan dipukulnya kencang-kencang supaya warga datang dan berkumpul di rumahnya. Tak lama berselang, warga Kauman, kampung tempat tinggal Ahmad Dahlan, berdatangan.

Saat warga sudah berkumpul, Ahmad Dahlan pun kemudian berpidato. Sebagaimana dikutip dari Suara Muhammadiyah No 13/98/1-15 Juni 2013, Ahmad Dahlan mengisahkan bahwa uang kas Muhammadiyah kosong. Padahal, Muhammadiyah memerlukan uang untuk membayar gaji guru, karyawan dan membiayai sekolah sebesar 500 gulden..

Ahmad Dahlan pun kemudian ingin melelang barang-barang yang ada di rumahnya. Pakaian, lemari, kursi bahkan lampu-lampu pun dilelangnya. Uangnya akan digunakan untuk membayar gaji guru dan membiayai sekolah. Mendengar keinginan Ahmad Dahlan melelang barangnya untuk kelangsungan hidup sekolah Muhammadiyah, warga pun kaget. Seketika itu, beberapa warga Kauman yang kaya dan menjadi pengusaha maupun juragan pun segera berebut dalam lelang barang milik Ahmad Dahlan.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar