Sultab HB IX

Kisah Ajian Penolak Badai Sri Sultan HB IX

Oleh Maya Eka,

Setelah bersemedi dalam kamar, pada Cri Murthi Sultan bilang bahwa badai telah berbelok.

BERITA JOGJA – Sosok Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX dikenal sebagai raja yang santun, tegas, cerdas, dan sangat paham dengan kondisi rakyatnya. Selain itu ia juga dikenal sebagai raja yang punya kesaktian tiada tanding.

Kesaktian Sri Sultan HB IX pernah disaksikan kemudian dituliskan oleh rekan-rekannya. Salah satu kesaktian yang cukup memukau adalah ketika Sri Sultan membelokkan badai yang mengancam dirinya dan teman-temannya.

Kisah ini terjadi saat Sultan berada di Osaka, Jepang menghadiri acara Wold Fair pada 1972. Sultan mendnegar melalui siaran radio bahwa akan ada badai besar yang akan menghantam Osaka, tempat pertemuan berlangsung.

Sultab HB IX

Istimewa

Teman-teman Sultan seperti Widjisastro dan Cri Murthi khawatir dengan kabar tersebut. Tapi Sultan menenangkan mereka dan memutuskan tetap berangkat ke tempat pertemuan. Sesampainya di sana, Sultan meminta kamar kosong untuk bersemedi.

“Sultan minta kamar kosong lalu masuk. Setelah bersemedi dalam kamar, beliau keluar. Wajahnya ceria. Sambil senyum, beliau berkata kalau badanya telah berbelok,” kisah Cri Murthi dalam buku Sepanjang Hayat Bersama Rakyat.

Kisah ini dibenarkan teman Sultan yang lain, Frans Seda yang juga berada di tempat kejadian. Dikisahkan Frans, setelah Sultan bilang kalau badai telah berbelok, ia mendengar hal serupa dari radio bahwa badai tidak jadi bergerak ke arah Osaka.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar