Telaga Biru Gunungkidul (Dok Istimewa)

Kisah di Balik Munculnya Telaga Biru Gunungkidul

Oleh Maya Eka,

Musim hujan yang gila-gilaan di Jogjakarta sejak beberapa tahun terakhir mengubah nasib bekas tambang itu.

BERITA JOGJA – Objek wisata Telaga Biru di Gunungkidul menyimpan sejuta kenangan tak mengenakkan. Terletak di Kelurahan Candirejo, Gunungkidul, objek wisata yang terkenal disebut Blue Lake ini dulunya adalah lahan pertambangan batuan kapur.

Selama menjadi lahan tambang kemudian menyisakan lubang besar dalam bentang lahan, tak ada yang peduli pada Telaga Biru. Warga sekitar bahkan wisatawan yang melewati daerah itu acuh pada bekas tambang itu.

Telaga Biru Gunungkidul (Dok Istimewa)

Telaga Biru Gunungkidul (Dok Istimewa)

Musim hujan yang gila-gilaan di Jogjakarta sejak beberapa tahun terakhir mengubah nasib bekas tambang itu. Cekungan bekas galian penambangan terisi air dan menghasilkan pemandangan yang luar biasa. Daerah tambang langsung berubah laiknya danau biru tempat mandi para bidadari.

Keindahan Telaga Biru mengagetkan warga sekitar. Mereka tidak menyangka daerah yang dulunya diacuhkan menjadi bentang lahan yang menarik para wisatawan. Segera saja para warga membuat penunjuk arah menuju tempat wisata itu pada mereka yang datang.

Wisatawan tambah ramai datang ke Telaga Biru setelah menjamurnya budaya selfie. Bahkan ada yang berani sampai ke atas bukit karena dari spot itu pemandangannya jauh memesona.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar