ilustrasi perang (Dok.Istimewa)

Kisah Mangkunegaran I Menguasai Gunungkidul

Kekuasaan Mangkunegaran I atas Gunungkidul dan beberapa tempat lainnya didapat melalui pertempuran panjang.

BERITA JOGJA – Berada di ketinggian 200 mdpl, Gunung Gambar menjadi salah satu tempat wisata spiritual yang masih kerap dikunjungi para peziarah. Di sana terletak petilasan Mangkunegaran I yang sempat jadi penguasa Gunungkidul.

Menurut cerita masyarakat, dahulu Gunungkidul merupakan salah satu daerah yang berada di bawah kekuasaan Mangkunagaran I. Hingga era Mangkunegaran II, Gunungkidul beralih menjadi daerah kekuasaan Kraton Jogja, tepatnya tahun 1831. Kekuasaan Mangkunegaran I atas Gunungkidul dan beberapa tempat lainnya didapat melalui pertempuran panjang.

Raden Mas Said, yang kemudian hari dikenal sebagi Mangkunegaran I adalah pemberontak wahid VOC.  Mulanya Raden Mas Said bekerja sama dengan Pangeran Mangkubumi (Sultan Hamengku Buwono I) melawan Pakubuwono III yang didukung VOC.

ilustrasi perang (Dok.Istimewa)

ilustrasi perang (Dok.Istimewa)

VOC berhasil mendamaikan Pangeran Mangkubumi dan Pakubuwono III dengan perjanjian Lingga Jati. Perjanjian Lingga Jati membuat sebagian wilayah mataram menjadi kekuasaan Pangeran Mangkubumi.

Raden Mas Said yang tidak dilibatkan dalam perjanjian tersebut merasa dihianati. Dia memutuskan perang melawan tiga kekuatan besar: Kasunanan Surakarta yang dipimpin oleh Pakubuwana III, Kasultanan Jogjakarta yang dipimpin Pangeran Mangkubumi yang juga ayah mertuanya, dan VOC.

Menurut MC Ricklefs, dalam Sejarah Indonesia Modern 1200-2008, menuliskan kekuatan Raden Mas Said mampu mengimbangi tiga kekuatan besar tersebut. Hingga pada akhirnya Raden Mas Said membuka perundingan dengan Pakubuwono III.

Perundingan dilakukan di Salatiga. Hasilnya disetujui bahwa Raden Mas Said diangkat sebagai Pangeran Miji yang berkududukan di bawah Pakubuwono III dan bergelar Pangeran Adipati Mangkunegaran I. Daerah kekuasaan Mangkunegaran I meliputi Keduwang, Laroh, Matesih, dan Gunungkidul.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar