H. Ahmad (Dok Wikipedia)

Kisah Para Walikota Jogja: H. Ahmad (1975-1981)

"Nasihat Beliau waktu itu adalah tetap melayani rakyat dan melakukan penghijauan kota," kenang Herry Zudianto

BERITA JOGJA – Tahun 1970-an adalah eranya pembangunan. Sesuai rencana Orba, pembangunan di segala bidang marak terjadi. Itu juga yang dilakukan H.Ahmad ketika menjabat Walikota Jogja tahun 1975-1981. Di tangan H.Ahmad, banyak prasarana yang dibangun dan memudahkan aktivitas masyarakat.

H. Ahmad (Dok Wikipedia)

H. Ahmad (Dok Wikipedia)

Di antaranya pembangunan terminal bus, renovasi pasar, pembangunan rumah karyawan, dan pmbangunan jalan. Pembangunan ini berdampak dengan makin banyaknya pelajar yang berkuliah di Jogja karena akses makin mudah. Transportasi berjaya dengan bus sebagai armada terkemuka di Jogja. Harry Triono, Kabid Lalu Lintas darat dan laut Dishub Jogjakarta memperkirakan tahun 70-an sampai 80-an tercatat ada sekitar 1000-an bus di Jogja.

Kepribadian H.Ahmad memengaruhi banyak orang. Walikota Jogja periode 2001-2011, Herry Zudianto misalnya. Saat mengantar H. Ahmad ke peristirahatan terakhir pada 2008 silam. Herry mengisahkan bahwa H. Ahmad memosisikan dirinya bukan sebagai pemimpin atau penguasa, namun sebagai pelayan rakyat.

“Nasihat Almarhum waktu itu adalah tetap melayani rakyat dan melakukan penghijauan kota,” kisah Herry Zudianto.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar