Haryadi Suyuti (Dok. Wikipedia)

Kisah Para Walikota Jogja: Haryadi Suyuti (2012- )

Oleh Jatu Raya,

Kisah Walikota Jogja yang sering dihantam kritik dan demonstrasi.

BERITA JOGJA – Haryadi Suyuti menjabat Walikota Jogja sejak 2012 berpasangan dengan Imam Priyono. Proses pemilihannya berjalan seru. Pasangan Haryadi-Imam menang selisih suara ketat dari pasangan Hanafi Rais-Tri Arjun. Haryadi-Imam meraih 48,347 persen sementara Hanafi-Tri meraih 41, 908 persen suara. Keduanya terpaut sekitar enam persen suara lebih dari total pemilih.

Haryadi Suyuti (Dok. Wikipedia)

Haryadi Suyuti (Dok. Wikipedia)

Di tengah perjalanan jadi Walikota, Haryadi kerap dihantam kritik. Sejumlah kebijakan yang dibuatnya, seperti menghapus SE Walikota Herry Zudianto, tentang Sego Segawe berbuah demonstrasi. Ada juga unjuk rasa dari sejumlah warga bertajuk “Mencari Haryadi” dengan jargon-jargon pedas macam “Ora Masalah Har” dan lain sebagainya.

Haryadi juga sering jadi sasaran tembak warga yang mengeluhkan dampak negatif berdirinya banyak hotel di Jogja. Naik daunnya Jogja di mata investor dan industri pariwisata dunia selalu menempatkannya dalam posisi sulit.

Kendati banyak menuai kritik dan demo warga, Haryadi mampu menorehkan prestasi. Misalnya saja membawa Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mendapat penghargaan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) peringkat B dari Kementrian PAN-RB dan 13 penghargaan bergengsi sepanjang 2014-2015 kemarin. Haryadi juga memperoleh penghargaan Satya Lencana Bidang Pengembangan Koperasi dan UMKM 2014 lalu.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar