Herry Zudianto (Dok Wikipedia)

Kisah Para Walikota Jogja: Herry Zudianto (2001-2011)

Selama menjabat, Herry kerap dijuluki Wagiman.

BERITA JOGJA – Herry Zudianto menjabat sebagai Walikota Jogja selama dua periode. Pada 2001-2006 ia menjabat ditemani Syukri Fadholi dan periode kedua bersama Haryadi Suyuti yang kini jadi Walikota Jogja.

Herry Zudianto (Dok Wikipedia)

Herry Zudianto (Dok Wikipedia)

Herry punya kebijakan yang sangat disukai warga Jogja. Contohnya saat dia mengeluarkan Surat Edaran Nomor 551/048/SE/2009 tentang Sego Segawe alias Sepeda Kanggo Sekolah lan Nyambut Gawe. Setiap jumat ia mencetuskan gerakan memakai sepeda dan melarang kendaraan bermotor melewati Balai Kota.

Kebijakan ini sebenarnya tidak hanya menyasar pengurangan polusi di Jogja. Herry juga ingin membuat pelajar kembali ke sepeda ketimbang berangkat sekolah naik mobil atau motor yang berdampak dengan kemacetan transportasi.

Idenya itu tercetus sejak lama, tepatnya sejak 2003. Herry saat itu sangat fokus pada pembenahan lingkungan di Jogja dengan banyak membuat dan memperindah Taman Kota. Gara-gara itu dia juga dapat julukan Wagiman alias Walikota Gila Taman.

Selama menjabat, Herry Zudianto juga sukses membawa Jogja meraih beberapa penghargaan bergengsi seperti The Most Liveable City Index pada 2009 dan 2011. Penghargaan ini tak bisa dilepaskan dari penataan ruangnya yang banyak diacungi jempol.

Alumni SMAN 3 Jogja ini juga dikenal sebagai sosok yang tak bisa diam dalam konteks positif. Herry banyak ikut organisasi saat maupun selepas tak lagi menjabat Walikota. Dia tercatat aktif di PMI Jogjakarta, Persatuan Golf Yogyakarta (PGY), Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Majelis Wali Amanat (MWA) UGM, Badan Pembina Harian (BPH) Universitas Ahmad Dahlan, Komisaris RS Jogja International Hospital (JIH) mewakili Badan Waqaf UII, dan banyak yang lain lagi.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar