M.Enoch (Dok Wikipedia)

Kisah Para Walikota Jogja: M. Enoch (Mei-Juli 1947)

Walikota pertama Jogja ini juga tercatat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Agung Sementara (DPAS) yang didirkan satu bulan usai proklamasi.

BERITA JOGJA – M.Enoch adalah Walikota pertama Jogja. Ia hanya dua bulan jadi Walikota Jogja. Naik jabatan pada Mei 1947, Enoh lengser bulan Juli 1947. M.Enoch sendiri menjabat Walikota di tengah kekisruhan pembentukkan lembaga-lembaga eksekutif dan legislatif di Jogja seperti yang tertuang dalam Maklumat Yogyakarta No.18.

M.Enoch (Dok Wikipedia)

M.Enoch (Dok Wikipedia)

Enoch mengungsi bersama Presiden saat terjadinya Agresi Militer I Belanda pada 1947. Di tengah kekosongan, pemerintah mengeluarkan UU Nomor 17 Tahun 1947 tentang pembentukkan Haminte Kota Jogja atas usulan DPRD. UU ini pun serta merta mengangkat Walikota baru pengganti Enoch.

Enoch sendiri tercatat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Agung Sementara (DPAS) yang didirkan satu bulan usai proklamasi Kemerdekaan. Di DPAS, Enoch bertugas dengan Dr. Radjiman Widodiningrat, Pangeran Mohammad Noor, Nyonya Suwami Pringgodigdo, H. Agus Salim, Syech Jamil Jambek, dan Margono Joyohadikusumo.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar