R. Widagdo Walikota Jogja periode 1991 (Dok Wikipedia)

Kisah Para Walikota Jogja: R. Widagdo (1991-2001)

Widagdo menolak membuka kembali diskotek yang ditutupnya akhir 1994 karena menyalahi aturan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

BERITA JOGJA – R. Widagdo menjadi Walikota selama dua periode. Widagdo ini punya banyak kisah keren. Salah satu yang bikin geleng-geleng kepala adalah ketika dia menolak membuka kembali diskotek yang ditutupnya akhir 1994 karena menyalahi aturan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan diduga menjadi tempat peredaran orang terlarang.

R. Widagdo Walikota Jogja periode 1991 (Dok Wikipedia)

R. Widagdo Walikota Jogja periode 1991 (Dok Wikipedia)

Seperti yang dituliskan Majalah Gatra edisi 29 April 1995, Widagdo mendapat nota dari Paku Alam VIII untuk membuka kembali diskotek yang ditutupnya. Jawabannya juga cukup tegas. Bukan faktor suka atau tidak suka, kata Widagdo, kalau izinnya lengkap pasti akan diizinkan kembali. Kalau nekad membuka kembali diskotik itu, ia akan melanggar peraturan dan akan diprotes warga.

Widagdo juga menghadapi situasi Jogja dengan angka kriminalitas yang tinggi, khususnya pencurian kendaraan bermotor. Tahun 1994, Pemda bersama jajaran kepolisian bersama TNI memberlakukan jam malam karena tingginya kriminalitas.

Wigdadi jadi Walikota yang cukup memengaruhi calon-calon setelahnya. Ia sering berpesan pada jajaran Pemkot dan Walikota Jogja bagaimana seharusnya melayani rakyat. Pada 2014 lalu ia berpesan agar tidak memprioritaskan penghargaan. Lebih baik melakukan tindakan nyata dengan melayani kebutuhan rakyat daripada membuat peraturan yang merugikan dengan orientasi penghargaan.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar