Soegiarto Walikota Jogja (Istimewa)

Kisah Para Walikota Jogja: Soegiarto (1981-1986)

Salah satu upayanya mengurangi kemacetan adalah membongkar air mancur di titik nol pada 1982

BERITA JOGJA – Berpangkat Kolonel, Soegiarto adalah pengagas berdirinya Monumen Jogja Kembali. Gagasan ini ia sampaikan ketika hadir dalam acara Peringatan Jogja Kembali pada 29 Juni 1983. Menurutnya Jogja harus punya monumen sebagai penanda peristiwa sejarah ditariknya pasukan Belanda pada 29 Juni 1949 yang membuat kemerdekaan bisa diraih seutuhnya. Pada 1985, monumen pun resmi berdiri.

Soegiarto Walikota Jogja (Istimewa)

Soegiarto Walikota Jogja (Istimewa)

Saat menjabat sebagai Walikota periode 1980-an, Soegiarto dihadapkan pada masalah pelik. Tahun 1980-an pendatang di Jogja bertambah dua kali lipat dari sebelumnya. Banyaknya kampus baru yang berdiri mendatangkan gelombang mahasiswa jauh lebih banyak dibanding masa pemerintahan sebelumnya. Lalu lintas jadi macet. Salah satu upayanya mengurangi kemacetan adalah membongkar air mancur di titik nol pada 1982.

Kriminalitas pun meningkat di Jogja. Puncaknya ketika munculnya peristiwa Penembakan Misterius (Petrus) di Jogja yang membuat Kota mencekam. Ditambah dengan banyaknya ditemukan mayat bertato di Jogja membuat situasi makin mencekam dan tak banyak yang bisa dilakukan Soegiarto menghentikan perburuan ini.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar