Sri Sultan Membelokkan Badai

Kisah Sri Sultan HB IX Membelokkan Badai Pasifik

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Cerita tentang kesaktian Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX selalu menarik untuk diceritakan. Sebagian cerita pernah diklarifikasi langsung oleh Sultan sebagian lagi diceritakan oleh saksi hidup. Seperti kisah membelokkan badai yang diceritakan oleh rekan-rekannya semasa hidup. Peristiwa ini terjadi saat Sultan menghadiri acara World Fair di Osaka 1972. Saat hendak berangkat ke […]

BERITA JOGJA – Cerita tentang kesaktian Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX selalu menarik untuk diceritakan. Sebagian cerita pernah diklarifikasi langsung oleh Sultan sebagian lagi diceritakan oleh saksi hidup. Seperti kisah membelokkan badai yang diceritakan oleh rekan-rekannya semasa hidup.

Sri Sultan Membelokkan Badai

Istimewa

Peristiwa ini terjadi saat Sultan menghadiri acara World Fair di Osaka 1972. Saat hendak berangkat ke tempat peresmian Wolrd Fair, Sultan mendegar dari radio bahwa sebuah badai besar sedang bergerak dari arah Selatan Lautan Pasifik menuju Osaka.

Sultan mendengarkan saran dari Widjisastro dan sejumlah rekan. Kendati demikian Sultan memutuskan untuk tetap berangkat ke tempat peresmian. Sesampainya di sana, Sultan lalu meminta sebuah kamar yang langsung disediakan oleh Cri Murthi dan teman-temannya.

“Sultan meminta sebuah kamar lalu masuk. Setelah beberapa saat bersemedi dalam kamar, beliau keluar. Wajahnya sekarang sudah ceria, sambil tersenyum langsung saja berkata,’Badainya telah berbelok. Mari kita lanjutkan peresmian anjungan’,” cerita Cri Murthi.

Cerita ini dibenarkan Frans Seda yang kala itu ada di tempat kejadian. Dari catatan Frans, Menteri Perhubungan era Orba itu menuliskan bahwa usai Sultan mengatakan hal itu, ia mendengar informasi dari radio bahwa badai memang telah berbelok.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar