Istimewa

Kisah Tragis di Balik Nama Pantai Ngobaran

Oleh Maya Eka,

BERITA JOGJA – Pantai Ngobaran merupakan salah satu pantai yang menjadi primadona di Kabupaten Gunungkidul. Bagi para pecinta wisata pantai tentu saja tidak akan melewatkan keindahan pantai yang berada di kecematan Saptosari ini. Ngobaran, menawarkan pesona pemandangan laut lepas yang indah dan tebing-tebing karang yang sangat besar. Selain itu di sana juga terdapat sebuah pura […]

BERITA JOGJA – Pantai Ngobaran merupakan salah satu pantai yang menjadi primadona di Kabupaten Gunungkidul. Bagi para pecinta wisata pantai tentu saja tidak akan melewatkan keindahan pantai yang berada di kecematan Saptosari ini.

Istimewa

Istimewa

Ngobaran, menawarkan pesona pemandangan laut lepas yang indah dan tebing-tebing karang yang sangat besar. Selain itu di sana juga terdapat sebuah pura dengan patung-patung dewa yang eksotis, sehingga menambah pesona pantai Ngobaran.

Di balik keindahan pantai Ngobaran, ternyata pantai tersebut menyimpan sebuah cerita yang cukup tragis. Konon, menurut cerita masyarakat setempat, nama pantai ngobaran diambil dari kata “kobaran”, yang memiliki arti membakar diri.

Dikisahkan bahwa dulu, Prabu Brawijaya V, Raja Majapahit terakhir, melakukan pati obong di sana. Hal tersebut dilakukan oleh Prabu Brawijaya V, karena ia menolak untuk berperang dengan anaknya sendiri, Raden Patah. Menurut cerita, bala tentara kerajaan Demak yang dipimpin oleh Raden Patah mengejar Prabu Brawijaya V hingga ke wilayah tepian pantai.

Karena Prabu Brawijaya mulai terdesak, maka ia memilih untuk membakar dirinya sendiri. Ketika Prabu Brawijaya V membakar dirinya sediri, munculah kobaran api yang sangat besar. Kobaran api itu perlahan-lahan mulai melahap tubuh Prabu Brawijaya V, hingga akhirnya ia dikabarkan tewas. Hal itulah kenapa akhirnya pantai tersebut dinamakan pantai Ngobaran, untuk mengenang seorang Raja Majapahit terakhir yang membakar diri  guna menghidari peperangan dengan anak kandungnya sendiri.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar