Kok Bengong? Nonton Karnaval Seni Nitiprayan Yuk

Oleh Jatu Raya,

Karnaval Seni Nitiprayan terakhir diadakan 10 tahun lalu

BERITA JOGJA – Karnaval Seni Nitiprayan bangkit lagi setelah 10 tahun vakum. Kebangkitan karnaval yang tahun ini diinisiatori oleh Ong Hary Wahyu bakal bisa disaksikan mulai Minggu (8/11) besok mulai pukul 14.00 WIB. di Kampung Nitiprayan.

Karnaval seni

Para warga sedang latihan menyambut karnaval seni, (Foto: Ong)

Dibeberkan Ong pada Beritajogja.id, karnaval ini akan melibatkan ribuan warga kampung. “Ada sekitar 1500 warga yang ikut dari 14 RT di kampung Nitiprayan. Mereka akan menampilkan seni dengan nilai-nilai lokal besok dan akan melewati Nitiprayan-Jogometan-Bugisan. Karnaval ini gratis untuk yang mau menyaksikan,” bebernya.

Warga sendiri sangat antusias dalam menyambut karnaval seni yang terakhir diadakan pada 2005 ini. Mereka pun terus latihan setiap hari. Kondisi ini diyakini Ong merupakan semangat para warga untuk menunjukkan keberadapan lewat seni.

“Keberadaban suatu masyarakat mampu diukur melalu seberapa jauh mereka mencintai lalu memproduksi kesenian. Sebab, seni dengan estetika yang dimilikinya mampu meruangkan pikir dan kreatifitas masyarakat. Capaian itu sendiri adalah cikal bakal peradaban yang akan dicapai masyarakat,” jelas Ong.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar