Kraton Mataram

Konsep Pembagian Wilayah di Era Mataram

Oleh Maya Eka,

BERITA JOGJA – Kerajaan Mataram merupakan kerajaan yang memiliki wilayah yang cukup luas. Wilayah Mataram hampir meliputi seluruh jawa, kecuali sebagian Jawa Barat. Karena luasnya wilayah Mataram, maka pada zaman dahulu terdapat konsep pembagian wilayah. Pada zaman Mataram, pembagian wilayah di bedakan menjadi: Kraton, Kutanagara, Nagara Agung, Mancanegara, dan Pesisir. Kraton, merupakan wilayah dimana raja […]

BERITA JOGJA – Kerajaan Mataram merupakan kerajaan yang memiliki wilayah yang cukup luas. Wilayah Mataram hampir meliputi seluruh jawa, kecuali sebagian Jawa Barat. Karena luasnya wilayah Mataram, maka pada zaman dahulu terdapat konsep pembagian wilayah. Pada zaman Mataram, pembagian wilayah di bedakan menjadi: Kraton, Kutanagara, Nagara Agung, Mancanegara, dan Pesisir.

Kraton Mataram

Istimewa

Kraton, merupakan wilayah dimana raja dan keluarganya tinggal. Selain itu, Kraton juga merupakan pusat pemerintahan dan pusat wilayah kerajaan. Wilayah berikutnya adalah Kutanegara, yang kemudian disebut Nagara atau Nagari. Di wilayah Kutanagara inilah para abdi dalem teras kerajaan, yang menjalankan tugas atas perintah raja.

Kemudian terdapat juga Nagara Agung. Tanah yang termasuk dalam wilayah Nagara Agung, merupakan tanah lungguh bagi para abdidalem. Tanah ini memang diberikan oleh sang raja bagi para abdidalemnya. Selanjutnya, wilayah paling luar, yakni Mancanagara dan Pesisir. Wilayah ini merupakan wilayah yang jauh dari Kraton. Wilayah Mancanagara dan Pesisir, biasanya dipimpin oleh para bupati, yang ditunjuk langsung oleh raja.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar