UGM

Kraton Pernah Digunakan untuk Ruang Kuliah Mahasiswa UGM

Oleh Maya Eka,

BERITA JOGJA – ejumlah bangunan di Kraton Jogjakarta pernah digunakan sebagai ruang kuliah mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). Ini terjadi pada tahun 1950-an atas izin dari Sultan Hamengku Buwono (HB) IX. Julius Pour, wartawan senior, sempat menuliskan wawancaranya dengan Hartarto Sastrosoenarto, Menko Ekuin zaman Orba yang pernah merasakan kuliah di ruangan Kraton. Dikisahkan Hartarto, keputusan […]

BERITA JOGJA – ejumlah bangunan di Kraton Jogjakarta pernah digunakan sebagai ruang kuliah mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). Ini terjadi pada tahun 1950-an atas izin dari Sultan Hamengku Buwono (HB) IX.

UGM

UGM Tahun 1959 (Foto: Dokumen BPAD)

Julius Pour, wartawan senior, sempat menuliskan wawancaranya dengan Hartarto Sastrosoenarto, Menko Ekuin zaman Orba yang pernah merasakan kuliah di ruangan Kraton. Dikisahkan Hartarto, keputusan ini jadi salah satu kebijakan fenomenal Sultan HB IX.

“Sultan selalu berkeyakinan pendidikan adalah hal mendasar agar generasi muda bisa berperan serta dalam pembangunan. Untuk itu Sultan rela menyediakan bangunan Kraton untuk ruang kuliah,” tuturnya pada Julius.

Sekitar tahun 1952, sejumlah bangunan di Kompleks Ngasem sampai Sitihinggil kecuali bangunan yang paling keramat pernah digunakan kegiatan perkuliahan mahasiswa. “Saya sendiri tahun 1952 pernah merasakan fasilitas yang disediakan Sultan,” tutup Hartarto.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar