Kuasa Hukum Saut Situmorang: UU ITE Dipaksakan

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Kuasa Hukum Saut Situmorang, Iwan Pangka menilai UU ITE yang dikenakan pada kliennya dipaksakan. Ia menilai tuduhan lewat jeratan UU yang kerap dikritik tersebut tidak tepat dialamatkan pada Saut Sutumorang. Sebab, apa yang dilakukan Saut merupakan bagian dari ekspresi dan hal yang biasa dalam dunia sastra. “Ini kali pertama sastrawan dipolisikan karena […]

BERITA JOGJA – Kuasa Hukum Saut Situmorang, Iwan Pangka menilai UU ITE yang dikenakan pada kliennya dipaksakan. Ia menilai tuduhan lewat jeratan UU yang kerap dikritik tersebut tidak tepat dialamatkan pada Saut Sutumorang. Sebab, apa yang dilakukan Saut merupakan bagian dari ekspresi dan hal yang biasa dalam dunia sastra.

Saut kena UU ITE

Saut Situmorang berangkat ke Jakarta memenuhi panggilan kepolisian Jakarta Timur. Kamis (26/3). (Foto: Aristides)

“Ini kali pertama sastrawan dipolisikan karena perdebatan sastra. Diskusi yang terjadi antar keduanya juga hal yang biasa dan bukan urusan pribadi. Ini perdebatan ilmiah,” katanya, Kamis (26/3) kemarin ditemui di kediaman Saut.

Puthut EA, novelis, juga berpendapat sama dengan Iwan. Bagi Puthut, UU ITE sudah tidak relevan dan mencederai demokrasi.”Ini pasal sudah tidak relevan lagi digunakan di Indonesia. Sama saja kita tidak punya kebebasan berbicara. Mau bicara kok masuk delik hukum,” katanya.

Saut sendi yang dipanggil kepolisian Jakarta Timur usai dilaporkan Fatin Hamama (Baca: Gara-Gara Debat, Saut Situmorang Dipolisikan). Saut kini tengah melani pemeriksaan atas tuduhan yang dialamatkan padanya. Kendati demikian status Saut hingga saat ini masih sebagai saksi

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar