Rental VCD/DVD (Dok Istimewa)

Mahasiswa Jadul Jogja Sering jadi Buronan Rental VCD

Bagi mereka yang buron, pihak rental memasang KTM mereka di papan pencarian orang rental.

BERITA JOGJA – Kira-kira 10-15 tahun lalu, Jogja jadi surganya rental penyewaan VCD/DVD. Belum banyak bermunculan warnet yang menawarkan folder Film seperti sekarang. Internet juga masih sangat terbatas di kalangan mahasiswa. Mau nonton film atau memasang software di komputer PC, kudu ke rental VCD/DVD dulu. Enggak semudah sekarang.

Rental VCD/DVD (Dok Istimewa)

Rental VCD/DVD (Dok Istimewa)

Nah, ada banyak kisah unik dan lucu dari mereka yang jadi mahasiswa di 10-15 tahun lalu di Jogja dengan rental VCD/DVD. Seperti dikisahkan Andi GT, mahasiswa alumni APMD angkatan 2004 asal Bengkulu. Pelanggan setia sebuah rental yang dulunya terletak di Selokan Mataram Teknik UNY ini mengisahkan kalau dirinya sempat jadi buronan.

“Iya, buronan VCD di rental itu. Jadinya KTM saya dipasang di papan buron rental VCD itu. Kalau ada anak APMD yang nyewa di sana, langsung ditanyain. Kalau enggak salah 8 bulan enggak balikin waktu itu. Malas banget. Pas mau ujian langsung balikin VCD sama kena denda banyak banget, daripada disumpahin enggak lulus,” kenangnya lalu terbahak ditemui di cafe kawasan Tirtodipuran baru-baru ini.

Hal yang sama dikisahkan Dian Fauzi Ramadhani, mahasiswa Fisipol UGM angkatan 2003. Ia bersama teman-temannya juga sempat jadi buron rental VCD di bilangan Mrican. Alasannya selalu lupa balikin software dan kaset yang dipinjamnya. “Lupa mulu, soalnya dipinjem gantian sama temen-temen. Jadinya buron deh, di-SMS terus sampai ganti nomor. Ngakalinnya minta tolong teman dari polisi buat balikin CD-nya,” kisahnya.

Ari, eks penjaga rental VCD di bilangan Jalan Colombo yang kini sudah tutup mengenang hal itu. Ia cukup sebal juga karena dulu banyak mahasiswa yang meninggalkan KTM dan bawa lari kaset. “Kalau diingat-ingat itu lucu juga sekarang. Sampai terakhir 2008, KTM-nya masih ada. Cen teman-teman mahasiswa ki kreatif og,” katanya ditemui di Bakmi Jawa Samirono Lama.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar