Simulasi tanggap bencana

Mahasiswa KKN UNY Simulasi Bencana di Berbah

Oleh Nur Janti,

BERITA JOGJA – Mahasiswa KKN UNY Kelompok 41 dan 42 bersama Warga Dusun Kadisono dan Krikilan, Berbah, Sleman menggelar simulasi tanggap bencana, Minggu (12/4) di Kantor Kecamatan. Bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Tagana Jogjakarta, dan pihak Kecamatan, warga antusias dengan program tersebut. Agung Langlang Wono, Ketua kegiatan yang juga mahasiswa KKN UNY […]

BERITA JOGJA – Mahasiswa KKN UNY Kelompok 41 dan 42 bersama Warga Dusun Kadisono dan Krikilan, Berbah, Sleman menggelar simulasi tanggap bencana, Minggu (12/4) di Kantor Kecamatan. Bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Tagana Jogjakarta, dan pihak Kecamatan, warga antusias dengan program tersebut.

Simulasi tanggap bencana

Mahasiswa KKN dan tim BPBD melakukan simulasi di Berbah, Minggu (12/4) siang. (Foto: Janti)

Agung Langlang Wono, Ketua kegiatan yang juga mahasiswa KKN UNY menuturkan setelah mengetahui Berbah jadi salah satu yang terparah, ia dan teman-teman kelompoknya tercetus ide ini. Selain itu Langlang juga menyadari potensi bencana yang ada di Sleman. “Dari sana kita bikin kegiatan ini bersama-sama dengan Kecamatan. Ini pengalaman pertama saya ikut simulasi,” tutur Langlang.

Kendati hanya simulasi, pihak BPBD Sleman dan Tagana serius melakukan pendidikan kebencanaan. Bahkan mereka juga membawa ambulance dan mobil penyelamat. Sementara itu para mahasiswa dan anak-anak yang mengikuti kegiatan tersebut juga dirias seakan tengah menjadi korban.

“Tanggap bencana merupakan program andalan Kecamatan Berbah sebab di sini merupakan salah satu tempat yang parah ketika gempa Bantul dulu,” terang Camat Berbah Tinas Hastani di sela simulasi.

Ia menambahkan bahwa program ini mulai digalakkan sejak tahun lalu dan selalu melibatkan warga. Tak hanya itu, Tina juga kerap melakukan sosialisasi ke sejumlah sekolah. “Mulai tahun lalu kita sudah menggalakkan program ini dengan melibatkan pelajar TK sampai SMA. Kita juga apresiasi kerjasama dengan mahasiswa UNY,” lanjutnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar