Mahasiswa UGM Bikin Obat Osteoporosis Dari Cangkang Kerang

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Lima mahasiswa UGM dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) dan Farmasi  yaitu  Nabila Syarifah Jamilah, Istianah Maryam Jamilah, Aprilia Maharani, Pras Setya, dan Ariska Devy mengolah limbah cangkang kerang darah menjadi sumber kalsium untuk terapi alterntatif osteoporosis. Penelitian tersebut terinspirasi dengan banyak cangkang kerang darah yang hanya menjadi limbah padahal memiliki kalsium yang […]

BERITA JOGJA – Lima mahasiswa UGM dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) dan Farmasi  yaitu  Nabila Syarifah Jamilah, Istianah Maryam Jamilah, Aprilia Maharani, Pras Setya, dan Ariska Devy mengolah limbah cangkang kerang darah menjadi sumber kalsium untuk terapi alterntatif osteoporosis. Penelitian tersebut terinspirasi dengan banyak cangkang kerang darah yang hanya menjadi limbah padahal memiliki kalsium yang tinggi.

Osteoporosis

“Kami terinspirasi dari limbah terseut banyak dibuang. Padahal manfaatnya bisa kita gunakan,” kata Nabil pada beritajogja.id beberapa waktu lalu.

Mereka pun mulai melakukan riset dan sejumlah uji coba guna mendapatkan formula yang tepat. Akhirnya mereka berhasil menemukan formula yang tepat untuk mengola cangkang kerang tersebut.

“Proses pembuatannya sederhana yaitu cangkang kerang yang kami peroleh dari sejumlah rumah makan di Jogja di oven pada suhu 110oC selama 8 jam kemudian dihaluskan menjadi bentuk serbuk halus,” terangnya.

Hasil formula tersebut kemudian diujikan pada tulang femur tikus Sprague Dawley. Hasilnya pun bisa membuat mereka tersenyum lega.

“Tikus yang diovariektomi dan tidak diberi perlakuan mengalami osteoporosis, sedangkan yang diovariektomi dan diberi cangkang kerang gambaran osteoporosisnya hilang dengan  intensitas sinar X yang diserap paling tinggi dibandingkan kelompok yang lain,”  tambahnya.

Mereka pun berharap pengembangan penelitian ini nantinya bisa berguna bagi penderita orteoporosis.

“Harapannya nantinya bisa membantu para penderita osteoporosis dan mendapatkan sumber kalsium alternatif yang mudah, murah dan efisien bagi penderia osteoporosis,” tandasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar