(foto : uny.ac.id)

Mahasiswa UNY Bikin Alat Pemungut Sampah Otomatis di Sungai

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Penanggulangan penumpukan sampah pada aliran sungai di kota-kota besar  merupakan sebuah masalah yang belum teratasi.Hal tersebut menarik perhatian Slamet Riyanto, Robertus Kurnianto, Herdyanta Septian Putra, dan Febrian Erwin mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta untuk mengembangkan Rancang Bangun Inntopes atau Innovation Tools Pengangkat Sampah. Menurut Slamet, alat tersebut […]

BERITA JOGJA – Penanggulangan penumpukan sampah pada aliran sungai di kota-kota besar  merupakan sebuah masalah yang belum teratasi.Hal tersebut menarik perhatian Slamet Riyanto, Robertus Kurnianto, Herdyanta Septian Putra, dan Febrian Erwin mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta untuk mengembangkan Rancang Bangun Inntopes atau Innovation Tools Pengangkat Sampah.

(foto : uny.ac.id)

(foto : uny.ac.id)

Menurut Slamet, alat tersebut bekerja secara otomatis dengan menggunakan sensor yang bsia mendeteksi sampah. Begitu terdeteksi sampah akan langsung diangkut ke bak sampah di tepi sungai.

“Tumpukan sampah akan diangkut menuju ke atas dan dipindahkan ke bak sampah yang yang terletak di tepi sungai sehingga akan mempermudah petugas sampah untuk mengangkutnya,” katanya.

Dia menjelaskan alat ini terdiri dari beberapa komponen utama seperti bak penampungan sampah, motor listrik sebagai penggerak serta pengendalian berbasis mikrokontroller serta baterai. Tidak sekedar teori, alat ini pun sudah diuji coba di Desa Babrik, Sendangrejo, Minggir, Sleman.

“Alat ini memang masih hanya berfungsi saat ada sampah yang terdeteksi oleh sensor, tapi kami ingin mengembangkannya lagi,” tandasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar