Mahasiswa UNY

Mahasiswa UNY Bikin Sereal Biji Gayam

BERITA JOGJA – Lazimnya, sereal dibikin dengan menggunakan bahan jagung, gandum maupun beras. Namun dengan inovasi yang dilakukan oleh mahasiswa UNY,kini hadir sereal dengan berbahan biji gayam. Berdasarkan penemuan dari Lailatul Fitriyah dan Dwi Nugrohowati dari Prodi Pendidikan Biologi, Felita Aprilla Zora Prodi Pendidikan Fisika, Mariana Ramelan Prodi Pendidikan Matematika serta Niken Ambar Pratiwi Prodi […]

BERITA JOGJA – Lazimnya, sereal dibikin dengan menggunakan bahan jagung, gandum maupun beras. Namun dengan inovasi yang dilakukan oleh mahasiswa UNY,kini hadir sereal dengan berbahan biji gayam. Berdasarkan penemuan dari Lailatul Fitriyah dan Dwi Nugrohowati dari Prodi Pendidikan Biologi, Felita Aprilla Zora Prodi Pendidikan Fisika, Mariana Ramelan Prodi Pendidikan Matematika serta Niken Ambar Pratiwi Prodi Kimia ini, sereal berbahan biji gayam ini dianggap mampu membantu memerlancar pencernaan.

Mahasiswa UNY

Mahasiswa UNY yang membuat sereal gayam. (Dokumen UNY)

Menurut Lailatul Fitriyah, salah seorang yang meneliti manfaat sereal biji gayam ini, kandungan karbohidrat yang tinggi di dalam biji gayam dianggap mampu menggantikan peran nasi yang selama ini dianggap sebagai sumber karbohidrat utama bagi masyarakat Indonesia. Sealinitu, biji gayam juga memiliki zat anti oksidan yang bisa membantu tubuh untuk menjaga kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.

“Biji gayam juga mengandung Tanim. Tanin merupakan unsur senyawa yang terdapat pada biji gayam ini berfungsi untuk membantu usus lebih cepat menyerap sari makanan tanpa gangguan mikroba lain yang mengganggu dan menimbulkan pembusukan sebelum proses,” jelas Lailatul.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar