jamur - beritajogja

Jamur Lethong, Makanan “Istimewa” Jogjakarta Era 1977

Oleh Maya Eka,

BERITA JOGJA – Setiap daerah tentu saja memiliki keunikan sendiri, mulai dari kebudayaan bahkan sampai pada ragam makanan atau kuliner. Tak jarang keunikan ini malah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kadang orang-orang justru datang jauh-jauh ke suatu tempat hanya untuk menyaksikan keunikan itu. Jogjakarta, salah satu kota yang memiliki daya tarik wisata yang cukup […]

BERITA JOGJA – Setiap daerah tentu saja memiliki keunikan sendiri, mulai dari kebudayaan bahkan sampai pada ragam makanan atau kuliner. Tak jarang keunikan ini malah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kadang orang-orang justru datang jauh-jauh ke suatu tempat hanya untuk menyaksikan keunikan itu. Jogjakarta, salah satu kota yang memiliki daya tarik wisata yang cukup tinggi, memiliki salah satunya: kuliner yang unik.

Istimewa

Istimewa

Sejak puluhan tahun yang lalu, di Jogjakarta terdapat satu jenis makanan yang cukup terkenal, bahkan hingga mancanegara. Makanan yang terkenal dan cukup digemari pada era 1977 ini bukanlah makanan lezat bak gudeg atau sego abang lombok ijo. Makanan yang berbahan dasar jamur ini dapat dikatakan termasuk dalam jenis sajian ekstream kuliner. Makanan ini diberi nama Jamur Lethong atau Jamur Ketawa. Jamur jenis ini bukanlah jamur biasa seperti jamur merang, jamur tiram atau jamur konsumsi pada umumnya, melainkan makanan jamur yang cukup “istimewa”.

Kenapa makanan ini bisa disebut “istimewa”? Hal ini dikarenakan jika jamur ini dikonsumsi oleh manusia, akan menimbulkan efek gangguan pada saraf, efek dari mengkonsi jamur ini akan membuat orang tertawa dengan sendirinya. Bukan gila, hanya saja terjadi gangguan saraf. Namun gangguan saraf ini tidak permanen, tergantung sebanyak apa jamur ini dikonsumsi. Hal inilah yang membuat jamur ini menyandang gelar Jamur Ketawa.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar