Mau Lebih Istimewa? Jogja Harus Bangun 5 Hal Ini

Oleh Jatu Raya,

Melihat kebutuhan masyarakat, pembangunan di Jogja masih dirasa kurang karena belum adanya 5 hal ini

BERITA JOGJA – Pembangunan di Kota Jogja memang gila-gilaan dalam beberapa tahun terakhir. Cafe, Mall, hotel, taman parkir, dan lain-lain dibangun buat menebalkan predikat istimewa yang nempel di belakang kata Jogja. Tapi, kalau melihat kebutuhan saat ini, pembangunan di Jogja masih dirasa kurang, soalnya belum ada 5 hal ini yang sebenarnya bakal makin menebalkan predikat keistimewaan di Jogja.

Keistimewaan Jogja

Tugu menjadi ikon Jogja (Foto:Istimewa)

Pertama adalah pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berfungsi secara ekologis yang mampu mencegah genangan air saat hujan deras (Baca: RTH Minim, Genangan Air di Jogja Saat Hujan Parah). Kebutuhan akan RTH di Jogja sudah mendesak banget, soalnya tiap kali hujan deras, genangan air selalu saja mengganggu jalan.

Kedua, adanya trotoar yang ramah penyandang disabilitas. Warga Jogja atau wisatawan punya hak buat jalan-jalan di Jogja pakai trotoar, khususnya penyandang disabilitas. Jogja belum punya trotoar yang memang didesain khusus untuk penyandang disabilitas,(Baca: Elanto dan Adrian Teliti Trotoar Jogja) padahal buat menjadi kota istimewa yang diniatkan bikin semua orang, pembangunan trotoar ini kudu cepet dilakukan biar langgeng menuju transportasi wisata.

Ketiga adalah pembangunan gedung yang didesain khusus untuk konser musik. Sebagai kota seni, Jogja butuh banget bangunan yang didesain untuk pertunjukan musik. Soal ini enggak bisa sembarangan di sembarang gedung. Soalnya pantulan gema-nya menentukan banget kualitas suara yang dihasilkan. Apalagi Jogja saat ini udah dilirik jadi tempat konser musisi luar negeri. Kemarin aja ada Kenny G, Casiopea, dan lain-lain.

Keempat adalah pembangunan rumah vertikal untuk penduduk miskin. Tanah di Jogja udah semakin sempit dan untuk dibangun hunian secara horisontal udah enggak memungkinkan (Baca: Pembangunan Vertikal Jadi Solusi). Oleh karena itu kudu ada pembangunan perumahan vertikal semodel apartemen tapi yang berbasis lingkungan biar enggak ada masalah sama penduduk lainnya.

Terakhir alias kelima adalah internet gratis yang bisa diakses di semua wilayah Kota.Soalnya kan sekarang internet sudah jadi bagian hidup masyarakat, apalagi wisatawan. Untuk memulainya bisa dilakukan di tempat-tempat yang biasanya dikunjungi warga atau wisatawan deh.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar