Band Jogja

Mengenang Invasi Band Jogja ke Major Label

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Sheila On7, Jikustik, Shaggydog. Tiga nama band asal Jogja tersebut tentunya sudah tak asing lagi. Sejak era tahun 90an sampai sekarang, ketiga band ini masih mengibarkan bendera Jogja di industri musik tanah air. Gara-gara mereka juga, nama Jogja di industri musik tanah air makin wangi yang berdampak pada mulai diperhitungkannya band asal […]

BERITA JOGJA – Sheila On7, Jikustik, Shaggydog. Tiga nama band asal Jogja tersebut tentunya sudah tak asing lagi. Sejak era tahun 90an sampai sekarang, ketiga band ini masih mengibarkan bendera Jogja di industri musik tanah air. Gara-gara mereka juga, nama Jogja di industri musik tanah air makin wangi yang berdampak pada mulai diperhitungkannya band asal Jogja.

Banyak band asal Jogja yang mengikuti jejak Sheila On7 dkk. ke major label di awal tahua 2000an. Tercatat ada empat band yang merilis album perdana pada tahun 2003 dengan pihak label. Mereka adalah Endank Soekamti (Proton), The Rain (Pro Sound), Seventeen (Universal), dan Es Nanas (BMG). Hebatnya lagi hits single band Jogja dengan album pertamanya ini kerap menguasai tangga lagu radio-radio swasta dari nasional sampai ke daerah.

Invasi band Jogja makin kencang satu tahun setelahnya. Tercatat nama-nama seperti Cross Bottom, Stereovilla, dan Coolkhas menyusul. Ada juga band Punk My Pet Sally yang masuk ke album kompilasi “Berpacu dalam Melodic” yang dipayungi Musica.

 

Makin majunya teknologi yang akhirnya “membereskan” para major label sekaligus menyurutkan invasi band asal Jogja sejak tahun 2005 hingga sekarang.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar