Sungai Code (Dok. Istimewa)

Mengurai Sebab Longsornya Tebing Code dari Morfokronologi

Oleh Jatu Raya,

Code merupakan sungai stadium dewasa dengan ciri mudah mengakibatkan erosi lateral.

BERITA JOGJA – Morfologi atau bentuk lahan Sungai Code mengalami perubahan besar usai Erupsi Merapi tahun 2010. Adanya pengubahan ini ditemukan oleh mahasiswa UGM, Dian Eka Solikha melalui jurnal berjudul Perubahan Morfologi Sungai Code Akibat Aliran Lahan Pasca Erupsi Gunung Merapi 2010. Perubahan ini sedikit banyak memengaruhi longsornya tebing yang terjadi beberapa waktu lalu.

Sungai Code (Dok. Istimewa)

Sungai Code (Dok. Istimewa)

Dian mencatat perubahan Sungai Code bisa dilihat dari penampang memanjang penggal sungai yang menunjukkan kenaikkan dasar sungai 1-5 meter usai erupsi. Erupsi pada 2010 lalu juga mengakibatkan pengikisan dasar sungai hingga tebing sehingga menimbulkan kerusakkan beberapa tanggul di kelokan sungai gampang longsor dan tergerus. Mudah meluapnya Sungai Code selama lima tahun terakhir juga dikarenakan dangkalnya kedalaman sungai.

Sungai Code sendiri menurut volumenya adalah jenis sungai periodik. Sungai ini tidak memiliki volume yang tetap. Saat kemarau, volumenya sedikit namun sebaliknya saat musim hujan. Dangkalnya sungai pasca erupsi Gunung Merapi 2010 membuat volume air meluap hingga ke kanan dan kiri tanggul.

Sedangkan dipandang dari Morfokronologi atau evolusi bentuk lahannya, Sungai Code termasuk dalam zona transfer yang memiliki bentuk lembah U. Proses pembentukkannya adalah aliran air yang dipengaruhi debit dan muatan yang dibawanya dari Gunung Merapi.

Sungai Code, sebagaimana dijelaskan Agus Mariyono dalam Kajian Lempar Sempadan Sungai: Studi Kasus Sungai-Sungai di DIY termasuk juga sungai stadium dewasa dengan ciri mudah mengakibatkan erosi lateral.

Makin sempit dan dangkalnya sungai karena pemukiman juga erupsi Merapi 2010 lalu membuat morfologinya berubah drastis. Dampak erosi lateral tidak bsa lagi ditahan kekuatan tebing sungai dan bantaran banjir mengakibatkan gampang terjadinya longsor saat atau setelah hujan deras.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar