Jadi Koboi Kampus

Menjadi Koboi Kampus yang Baik dan Benar

BERITA JOGJA – Kata siapa kuliah lama berbanding lurus dengan prestasi akademik yang jeblok? Siapa yang bilang kalau koboi kampus itu bangunnya siang dan selalu divonis “Tutup pintu dari luar dan kembali tahun depan”. Semua itu tidak tepat alias ngawur alias mengada-ada. Hanya fiksi belaka yang seringkali diilhami dari kisah nyata. Pulihkan nama baikmu di […]

BERITA JOGJA – Kata siapa kuliah lama berbanding lurus dengan prestasi akademik yang jeblok? Siapa yang bilang kalau koboi kampus itu bangunnya siang dan selalu divonis “Tutup pintu dari luar dan kembali tahun depan”. Semua itu tidak tepat alias ngawur alias mengada-ada. Hanya fiksi belaka yang seringkali diilhami dari kisah nyata.

Jadi Koboi Kampus

Istimewa

Pulihkan nama baikmu di depan adik-adik angkatan–dan tentu saja di hadapan bakal calon pacar. Tunjukan bahwa kendalamu kuliah selama ini disebabkan karena hal-hal positif yang dikerjakan dan kelak bakal menjadi modal yang berharga di masa depan. Beberapa saran yang sebaiknya dilakukan para koboi kampus, sekaligus dapat dijadikan pledoi atau pembelaan mengenai kuliahnya yang lebih lama dari jenjang SMP ke SMA.

Menjadi Aktivis Kampus

Menjadi mahasiswa merangkap aktivis memang bakal menyita waktu kuliah hingga seringkali “lupa” dengan tanggungan SKS-nya yang menggunung. Jangan bingung, apalagi merasa sedih. Anggap lulus itu bonus dari hadiah utama berupa rasa kepedulian yang besar terhadap sesama. Apapun wadahnya, baik itu organ ekstra, persma, mapala, PMI, bahkan pramuka sangatlah pantas diikuti. Niscaya, orang-orang di sekelilingmu tetap bangga.

Seorang Entrepreneur Muda

Fenomena pengusaha yang meraih kesuksesan di usia muda kini banyak dijadikan inpirasi. Tidak jarang pula sebagian dari mereka merupakan seorang mahasiswa. Mengingat potensi yang begitu besar dalam diri mahasiswa, tidak ada salahnya jika kamu juga mulai merintis usaha sejak dini.

Tidak perlu ragu atau malu-malu. Saat teman-teman seusiamu sedang asik-asiknya pulang kuliah terus pacaran, kamu sudah bisa menuai rupiah dari hasil jerih payah. Apalagi jika hasil keringatmu ternyata bisa meringankan beban orangtua untuk membiayai pendidikanmu. Calon mertua mana coba yang nggak bakal bangga?

Penulis Handal

Muhidin M. Dahlan pernah membagikan pengalamannya (belajar) menulis dalam buku yang berjudul “Jalan Sunyi Seorang Penulis”. Di situ Gus Muh, sapaan lain Muhidin, memberikan nasehat bagi para penulis muda agar senantiasa mengasah diri dengan tetap membaca, tetap menulis, tetap berkerja, dan berani hidup miskin. Tidak ingin mengiming-imingi dengan berbagai harapan palsu, bahwa menjadi penulis sejauh ini memang tidak akan ujug-ujug mensejahterakan perekonomianmu. Namun di balik itu semua, ada nilai tersendiri ketika tulisanmu berdampak luas bagi orang banyak.

Merintis Karier Bermusik

Memilih jalur bermusik di era industri musik Tanah Air saat ini memang cukup menjanjikan. Banyaknya ajang pencarian bakat atau audisi musik dirasa bisa menjadi jalan pintas untuk menjadi musisi. Kalau kamu memutuskan untuk menjadi seorang musisi, jangan pernah setengah-setengah. Entah itu dengan menempuh jalur indie atau label, lakukan dengan segenap kemampuan. Become a rockstar!

Relawan Bencana Alam

Di negeri yang akrab dengan bencana ini sudah semestinya pengetahuan akan mitigasi bencana dipahami secara menyeluruh oleh masyarakatnya. Di sini kamu dapat mengambil peran dengan terjun langsung ke masyarakat untuk memberikan edukasi. Bahkan ketika dalam situsi darurat bencana, uluran tanganmu selaku mahasiswa bakal sangat menentukan.

Relawan Mengajar

Kesenjangan fasilitas pendidikan masih menjadi masalah utama bangsa. Beragam kondisi mulai dari wilayah Indonesia yang berupa kepulauan serta terpusatnya aktivitas pemerintahan di Pulau Jawa menjadi kendala tercapainya pendidikan yang merata. Untuk itulah kesadaran mahasiswa digugah untuk aktif menyumbangkan kompetensinya demi memajukan negeri. Tanpa harus menunggu lulus, kamu juga bisa membantu sekolah-sekolah di daerah asalmu yang masih kekurangan guru.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar