Menyambung Zaman di Pasar Kangen Jogja 2016

Oleh Jatu Raya,

Pasar Kangen jadi agenda wajib yang harus dikunjungi sebelum pergi tak kembali ke Jogja.

BERITA JOGJA – Event tahunan Jogja, Pasar Kangen, datang lagi. Mulai 19-27 Juli, Kompleks Taman Budaya Yogyakarta (TBY) bakal jadi ruang pertemuan masa lampu dengan masa kini. Beragam makanan tradisional, jajan pasar pagi hari, barang-barang tempo doeloe, sampai kesenian bakal mendekatkan lalu menyambungkan lagi zaman yang terputus dari tiap generasi.

Pasar Kangen (Dok FB Ong Hari Wahyu)

Pasar Kangen (Dok FB Ong Hari Wahyu)

Ong Hari Wahyu, tampaknya tahu betul bagaimana mengeksekusi Pasar Kangen ke-9 ini. Ia melakukan seleksi ketat terhadap stand kuliner tradisional yang bakal merentang waktu pengunjung selama bernostalgia di Pasar Kangen. Makanan saset, tegas Ong, tidak akan diberi ruang. Ong juga memberi kesempatan bagi warga yang suka bereksperimen makanan dan para peserta diwajibkan mengenakan kostum tradisional.

Konsep Pasar Kangen ke-9 di tangan Ong bakal benar-benar melemparkan pengunjung ke masa lampau. Pakaian tradisional yang kini hanya ditemui di sejumlah upacara atau pawai bakal hadir menemani pengunjung. Konsep Pasar pun benar-benar seperti praktiknya sebagai tempat demokrasi paling kudus: tawar menawar antarmanusia. Konsep ini cukup merepresentasikan tema “Pasar Aja Ilang Kumandhange”.

Di sana, kamu bisa makan lopis, tiwul, ketan, cenil, kipo, sate gajih, sate kere, jenang, dan menghangatkan badan dengan minuman tradisional. Lalu ada juga barang-barang antik yang dipamerkan sekaligus dijual di Pasar Kangen. Ada piringan hitam, kaset pita, perabot rumah tangga, pernak-pernik, perangko, uang, majalah, buku, sampai surat-surat perkantoran dan pribadi. Semuanya klasik. Kalau beruntung, pengunjung bakal menemukan surat cinta bernada mesra sampai kesakithatian dengnan untaian kalimat yang mendayu dari puluhan tahun lalu.

Barisan industri kreatif Jogja juga tak akan ketinggalan. Mereka akan menunjukkan kreatifnya anak-anak muda Jogja dalam memproduksi karya. Proyek Stand Up Comedy berbahasa Jawa “Ndhagel Ijen” juga bakal meramaikan suasana di Pasar Kangen. Deretan sajian di event paling memorable plus desain ruang yang menjanjikan ini menjadikan Pasar Kangen jadi agenda wajib yang harus dikunjungi sebelum pergi tak kembali ke Jogja.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar