Minimnya RTH Penyebab Genangan Air di Jogja Makin Parah

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Hujan deras yang mengguyur Jogjakarta, Rabu (22/4) malam membuat sejumlah ruas jalan dan perumahan terendam banjir. Di Sleman, perempatan MM UGM, Ring Road Utara, dan perumahan penduduk di sekitar Klebengan banjir. Sementara di Kota Jogja, Kali Code meluap dan perumahan di sekitar Klitren senasib dengan Klebengan. Penyebab banjir di sejumlah wilayah di […]

BERITA JOGJA – Hujan deras yang mengguyur Jogjakarta, Rabu (22/4) malam membuat sejumlah ruas jalan dan perumahan terendam banjir. Di Sleman, perempatan MM UGM, Ring Road Utara, dan perumahan penduduk di sekitar Klebengan banjir. Sementara di Kota Jogja, Kali Code meluap dan perumahan di sekitar Klitren senasib dengan Klebengan.

Jogja banjir

Seorang warga Klitren di tengah genangan air usai hujan deras yang mengguyur Jogja, Rabu (22/4) malam. (Foto: Kresna)

Penyebab banjir di sejumlah wilayah di Sleman dan Kota Jogja masih sama seperti menahun lalu. Djati Mardiatno, Direktur Pusat Studi Bencana UGM mengatakan di wilayah Sleman dan Kota Jogja sangat kekurangan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Ini membuat penyerapan air jadi tidak maksimal. Selain itu drainese juga tidak berfungsi karena tersumbat sampah,” katanya.

Dibenarkan Pakar Tata Ruang Kota UGM, Dyah Widyastuti, RTH di Jogjakarta masih bersifat riasan. Artinya, RTH yang ada di kanan dan kiri jalan juga di tempat-tempat tertentu seperti taman tak lagi bersifat ekologis. “Hanya bersifat artifisial atau hiasan. Selain itu di bagian hulu juga RTH-nya tak berfungsi dengan baik,” tutupnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar