Minta Surat Tugas Penilangan Polisi dengan Dasar Hukum Ini

Oleh Jatu Raya,

Kalau enggak ada surat tugas sesuai peraturan itu bisa dibilang razia kepolisian menyalahi peraturan pemerintah dan penilangan tidak sah.

BERITA JOGJA – Banyak yang belum tahu kalau polisi pas menilang kendaraan harus dilengkapi surat tugas. Nah surat tugas ini juga sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2012 Tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Sidang tilang

Ilustrasi Penilangan (Dokumen Luwuraya)

Pasal 15 dalam Peraturan itu yang jadi dasar hukum polisi melakukan razia. Kalau enggak ada surat tugas sesuai peraturan itu bisa dibilang razia kepolisian menyalahi peraturan pemerintah dan penilangan tidak sah.

Pasal 15 ayat (1) bilang kalau polisi yang melakukan pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan secara berkala atau INSIDENTAL atas dasar operasi kepolisian dan/atau kejahatan wajib dilengkapi surat perintah tugas. Penjelasan surat tugas ini termuat di ayat (2) bahwa surat tugas dikeluarkan oleh atasan petugas kepolisian dan penyidik pegawai negeri sipil di bidang lalu lintas jalan bagi penyidik pegawai negeri sipil di bidang lalu lintas dan angkutan umum.

Di ayat (3)-nya memuat isi dari surat tugas itu. Ketika melakukan razia, surat tugas harus dilengkapi dengan alasan dan pola pemeriksaan kendaraan bermotor, waktu pemeriksaan kendaraan bermotor, tempat, penanggung jawab pemeriksaan kendaraan bermotor, dan daftar petugas kepolisian yang melakukan pemeriksaan kendaraan bermotor.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar