Misterius! Sapi Tak Mau Lewati Tempat Penemuan Arca Nandi

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Setelah ditemukannya arca Nandi, Sapi kendaraan Dewa Siwa di candi Kedulan, Sleman, Jogjakarta kisah misterius pun mulai terungkap pengakuan sejumlah warga. Sebelum ditemukan arca Nandi, sapi-sapi milik warga sekitar tidak pernah mau melewati jalan setapak tempat penemuan Nandi. Kepala seksi Pelestarian dan Pemanfaatan BPCB Jogjakarta, Wahyu Astuti mengungkapkan setelah arca itu ditemukan […]

BERITA JOGJA – Setelah ditemukannya arca Nandi, Sapi kendaraan Dewa Siwa di candi Kedulan, Sleman, Jogjakarta kisah misterius pun mulai terungkap pengakuan sejumlah warga. Sebelum ditemukan arca Nandi, sapi-sapi milik warga sekitar tidak pernah mau melewati jalan setapak tempat penemuan Nandi.

Arca Nandi berbentuk Sapi yang merupakan kendaraan dewa Siwa ditemukan di candi Kedulan

Arca Nandi berbentuk Sapi yang merupakan kendaraan dewa Siwa ditemukan di candi Kedulan

Kepala seksi Pelestarian dan Pemanfaatan BPCB Jogjakarta, Wahyu Astuti mengungkapkan setelah arca itu ditemukan ada warga yang bercerita sapi-sapinya tidak mau melewati jalan tempat penemuan Nandi. Saat digiring melalui jalan itu, Sapi berhenti dan berputar arah atau berbelok ke sawah.

“Ada cerita misterinya dari warga setelah penemuan arca Nandi, katanya sapi tidak ada yang mau melewati jalan tempat ditemukannya Nandi,” katanya pada beritajogja.id, Rabu (24/6).

Dia pun menghubungkan peristiwa tersebut dengan kisah Dewa Siwa yang memiliki kendaraan Sapi. Kemungkinan Sapi tidak mau melewati karena ada Sapi kendaraan Dewa Siwa yang masih terpendam di dalam tanah.

“Mungkin ya, karena Nandi itukan kendaraan Dewa Siwa,” pungkasnya.

Sebelumnya arca Nandi candi Kedulan ditemukan oleh BPCB setelah dicari selama 22 tahun. Saat ditemukan Nandi sudah tidak dalam keadaan utuh, kepalanya hilang serta punuknya patah menjadi tiga bagian.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar