Museum @Lippo Plaza Jogja Pamerkan Lukisan Affandi

BERITA JOGJA – Lippo Plaza Jogja,Mall yang bertempat di Jalan Laksda Adisucipto No 32-34 menghadirkan karya-karya maestro lukis Indonesia Affandi di museum mereka. Puluhan karya seniman besar itu dipamerkan di musem yang terletak dalam mall. Pemilik Group Lippo James Riady mengatakan adanya Museum @Lippo Plaza bertujuan menampilkan karya perupa Affandi dan istrinya Maryati.“Lukisan-lukisan Affandi dari […]

BERITA JOGJA – Lippo Plaza Jogja,Mall yang bertempat di Jalan Laksda Adisucipto No 32-34 menghadirkan karya-karya maestro lukis Indonesia Affandi di museum mereka. Puluhan karya seniman besar itu dipamerkan di musem yang terletak dalam mall.

Lukisan Affandi

seorang pengunjung tengah mengabadikan salah satu lukisan Affandi di musem @Lippo Plaza. (Foto: Setio N)

Pemilik Group Lippo James Riady mengatakan adanya Museum @Lippo Plaza bertujuan menampilkan karya perupa Affandi dan istrinya Maryati.“Lukisan-lukisan Affandi dari tahun 1940an hingga 1980an, mengisahkan pengalaman Sang Pelukis di beberapa tempat di Penjuru Dunia, seperti India, Perancis, Amerika Serikat dan Meksiko,” kata James saat pembukaan museum, Minggu (7/6).

Sedangkan anak perempuan Affandi dan Maryati, yang juga seorang pelukis, Karika Affandi mengungkapkan kegembiraanya dengan dibukanya museum tersebut. Dengan dipamerkannya lukisan-lukisan kedua orang tuannya itu,masyarakat menjadi semakin mengenal Affandi.

“Saya senang sekali dengan adanya museum ini. Terenyuh melihat kembali lukisan-lukisan yang sudah lama berada di luar negeri sekarang ada di Indonesia,” ujarnya yang ikut secara simbolis memotong pita dalam acara pembukaan.

Sementara itu, Amir Sidharta sebagai direktur dan juga kurator Museum @ Lippo Plaza Jogja menjelaskan bahwa total karya yang dipamerkan terdiri dari 50 lukisan dengan 27 di antaranya karya Affandi dan sisanya lukisan istrinya.

“Kita berani tampilkan karya Affandi, karena dia termasuk ikon Jogja. Sehingga masyarakat Jogja juga semakin kaya dengan pengetahuan maestro lukis Indonesia yang dari Jogja,” tandasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar