Musisi Jogja Itu Militan, Guyub, Lalu Rukun

Oleh Jatu Raya,

Heterogenitas sosial di Jogja bikin warna musik para musisi indie Jogja cukup berwarna dan mengasyikan.

BERITA JOGJA – Pelaku musik Indie di Jogja kerap mengundang decak kagum. Musik bikinan musisi Indie Jogja, baik yang baru muncul sampai yang sudah senior selalu enak. Komposisi musik pas, sound tepat, stage act manggung pun tak kalah oke punya. Tapi, ada satu lagi yang sering bikin orang salut lalu kagum sama band Indie Jogja.

Konser Rock (Dok Istimewa)

Konser Rock (Dok Istimewa)

“Musisi Indie Jogja punya militansi yang besar. Musisi satu dengan yang lainnya guyub dan rukun. Band yang sudah punya nama, Shaggydog misalnya, bikin label untuk mewadahi band-band lokal Jogja,” kata pengamat musik Bens Leo.

Bens Leo memberikan contoh lain bagaimana keguyuban dan militansi musisi Indie di Jogja pantas dicontoh. Band yang yang mau bikin video klip atau rekaman, katanya, sering patungan lalu dibantu dengan musisi senior.

“Eross Sheila On7 misalnya. Mereka sudah punya studio rekaman sendiri yang bisa juga dipakai atau dipinjamkan musisi indie rekaman. Keguyubannya luar biasa,” puji pria yang dikenal punya kuping sakti ini.

Menariknya lagi, baik band indie ataupun major label di Jogja juga sangat akrab dan guyub. Ditambah lagi heterogenitas sosial di Jogja bikin warna musik para musisi indie Jogja cukup berwarna dan mengasyikan.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar