Naikkan Tarif Parkir Mobil, Walikota Jogja: Setuju?

BERITA JOGJA – Penetapan tarif parkir mobil pribadi di daerah Kota Jogja saat ini tengah dikaji oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja. Dalam kajian tersebut, Pemkot Jogja mewacanakan akan menaikkan tarif parkir mobil pribadi sebesar 200 persen. Menurut Walikota Jogja, Haryadi Suyuti, kenaikan tarif parkir tersebut merupakan bagian pengendalian kawasan. Kenaikan tersebut nantinya tidak akan diberlakukan […]

BERITA JOGJA – Penetapan tarif parkir mobil pribadi di daerah Kota Jogja saat ini tengah dikaji oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja. Dalam kajian tersebut, Pemkot Jogja mewacanakan akan menaikkan tarif parkir mobil pribadi sebesar 200 persen.

Haryadi Suyuti tunggu masukan warga

Haryadi Suyuti, Walikota Jogja tunggu masukan warga soal penaikkan tarif parkir mobil. (Foto: Cahyo PE)

Menurut Walikota Jogja, Haryadi Suyuti, kenaikan tarif parkir tersebut merupakan bagian pengendalian kawasan. Kenaikan tersebut nantinya tidak akan diberlakukan di semua wilayah Jogja namun hanya dibeberapa zona tertentu saja.

Haryadi menambahkan tujuan dinaikkannya tarif parkir tersebut diharapkan mampu mendongkrak warga untuk lebih memanfaatkan transportasi publik. Dengan naiknya tarif parkir mobil pribadi diharapkan bisa mengurangi volume penggunaan mobil pribadi di Kota Jogja.

“Teknisnya lebih ke masalah progresif, bukan ke masalah mengejar retribusi. Ini nantinya menjadi bagian dari manajemen lalu lintas,” terang Haryadi.

Haryadi mengungkapkan bahwa pemberlakuan kebijakan kenaikan tarif parkir tersebut masih akan menunggu masukan dari masyarakat dan menunggu persetujuan dari dewan.

Nantinya diharapkan akan ada catatan khusus bagi juru parkir maupun pengguna parkir. Diharapkan pula juru parkir tidak seenaknya saja menaikkan tarif parkir karena kenaikan hanya diberlakukan di zona tertentu saja. “Sebelum ada persetujuan, kenaikan tarif parkir secara sepihak oleh juru parkir akan kami tindak tegas,” ujar Haryadi.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar