Sejarah jalan di Jogja

Nama-Nama Jalan di Jogja Zaman Belanda (Bagian Pertama)

Oleh Nur Janti,

BERITA JOGJA – Jalan adalah sarana yang dibangun pemerintah kolonial Belanda sebagai penunjang kegiatan pemerintahan. Seiring kekuasaan Belanda yang makin kokoh, maka berbagai kebutuhan akan tempat, baik publik maupun hunian pun dibangun. Salah satu kawasan hunian yang dibangun adalah Nieuwe Wijk, Kota Baru. Jalan-jalan di Kota Baru dibangun dengan mengedepankan vegetasi. Mudah saja menemui jalan-jalan […]

BERITA JOGJA – Jalan adalah sarana yang dibangun pemerintah kolonial Belanda sebagai penunjang kegiatan pemerintahan. Seiring kekuasaan Belanda yang makin kokoh, maka berbagai kebutuhan akan tempat, baik publik maupun hunian pun dibangun. Salah satu kawasan hunian yang dibangun adalah Nieuwe Wijk, Kota Baru.

Sejarah jalan di Jogja

Jembatan Kewek di Kota Baru (Foto: Dokumen Istimewa)

Jalan-jalan di Kota Baru dibangun dengan mengedepankan vegetasi. Mudah saja menemui jalan-jalan yang dibangun Belanda, cirinya jalanan yang lebar dan di sampingnya akan ada berbagai macam pohon yang rindang.

Penamaannya pun berbeda dengan sekarang yang kebanyakan menggunakan nama tokoh atau pahlawan. Nama-nama jalan era kolonial begitu sederhana. Penamaan jalan pada masa itu disematkan sesuai dengan tempat yang dituju atau dilalui. Misalnya saja Jalan Juwadi yang dulu bernama Hospitaalweg.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar