Permukiman Belanda

Nieuwe Wijk, Permukiman Orang Belanda di Jogja

Oleh Nur Janti,

BERITA JOGJA – Pada mulanya, permukiman orang Belanda berada di timur Benteng Vredeburg atau dulu populer disebut Loji Kecil. Namun ketika jumlah penduduk Belanda makin banyak dan kebijakan pemerintah yang memperbolehkan pegawai Belanda membawa serta kelugaranya diberlakukan, daerah Loji Kecil sudah tak mampu lagi menampung. Untuk itu, pemerintah Belanda meminta izin pada Sultan Hamengku Buwono […]

BERITA JOGJA – Pada mulanya, permukiman orang Belanda berada di timur Benteng Vredeburg atau dulu populer disebut Loji Kecil. Namun ketika jumlah penduduk Belanda makin banyak dan kebijakan pemerintah yang memperbolehkan pegawai Belanda membawa serta kelugaranya diberlakukan, daerah Loji Kecil sudah tak mampu lagi menampung. Untuk itu, pemerintah Belanda meminta izin pada Sultan Hamengku Buwono VII untuk membangun permukiman di daerah Bintaran.

Permukiman Belanda

Istimewa

Seperti permukiman Belanda pada umumnya, di dekatnya akan dilengkapi fasilitas seperti gereja dan sekolah. Begitu pun Bintaran, terdapat gereja dan sekolah di sana. Setelah Bintaran sesak, Belanda lagi-lagi meminta izin membangun perumahan. Kali ini daerah utara kota, di timur Kali Code lah tempatnya. Kawasan permukiman baru ini kemudian dinamai Nieuwe Wijk atau Kota Baru.

Desain dan perencanaan permukiman di Nieuwe Wijk dibuat oleh Ir. Thomas Karstens. Konsep permukiman di Nieuwe Wijk adalah garden city, disesuaikan dengan iklim Hindia-Belanda yang tropis sehingga mengedepankan vegetasi dalam cetak biru pembangunannya. Setiap rumah dan jalan dipenuhi oleh pohon-pohon agar rindang dan nyaman. Ditambah juga dengan tiga boulevard yang ditanami dengan pohon tanjung, seperti yang kini terlihat di Jalan Nyoman Oka juga Jalan Cik Ditiro hingga Suroto. Di tiap halaman rumah ditanami dengan pohon keras atau buah, seperti jambu, nangka, mangga, dan rambutan.

Tak hanya mengedepankan vegetasi, sarana pendukung pun dibangun, seperti taman, gereja, sarana olah raga, juga sekolah. Tercatat ada tiga sekolah yang terletak di kawasan Nieuwe Wijk ini, yakni ELS, Mulo, dan AMS. Akses jalan juga dibangun untuk memudahkan penghuni Nieuwe Wijk yang kebanyakan pegawai pemerintahan Belanda. Jalan dibangun melintasi Kali Code untuk menghubungkan kawasan Nieuwe Wijk dengan pusat pemerintahan yang kini populer dengan nol kilometer, kawasan hiburan, juga stasiun.

Kawasan Nieuwe Wijk sebelah utara berbatasan dengan daerah Gondomanan, selatan dengan Stasiun Lempuyangan,  sebelah timur berbatasan dengan kompleks perbengkelan dan perumahan pegawai NISM, sedangkan sebelah barat berbatasan dengan Kali Code.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar