Nostalgia Mainan 90an di Pasar Kangen

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Pasar Kangen Jogja kembali digelar sejak Rabu (25/8) kemarin. Sejak resmi dibuka, pasar yang menjajakan, memamerkan, sekaligus menjual barang dan makanan jadul ini langsung diserbu pengunjung. Salah satu stan yang cukup banyak dikunjungi adalah Museum Anak Kolong Tangga. Pasalnya, selain memamerkan mainan zaman dulu, stan museum juga menjual sejumlah mainan yang sempat […]

BERITA JOGJA – Pasar Kangen Jogja kembali digelar sejak Rabu (25/8) kemarin. Sejak resmi dibuka, pasar yang menjajakan, memamerkan, sekaligus menjual barang dan makanan jadul ini langsung diserbu pengunjung. Salah satu stan yang cukup banyak dikunjungi adalah Museum Anak Kolong Tangga. Pasalnya, selain memamerkan mainan zaman dulu, stan museum juga menjual sejumlah mainan yang sempat populer era 90an dulu.

Mainan 90an

Minan robot yang dipamerkan dalam Museum Anak Kolong Tangga di Pasar Kangen Jogja 2015. (Foto: Aristides)

“Mainan yang dijual ada gambar tempel, kartu gambar jagoan, peniup balon, mainan bunyi-bunyian, kelereng, dan lain-lain. Pokoknya banyak yang era 90an populer di kalangan anak-anak,” terang Redy, penjaga stan museum.

Warung mainan 90an ini laris manis dikunjungi. Rata-rata pengunjung sekaligus pembelinya berusia 25 tahun ke atas. “Memang usia segitu yang merasakan era 90an. Yang beli langsung senyum-senyum sendiri. Mungkin ingatannya langsung ke masa kecil,” tambahnya lagi.

Selain warung mainan, Museum Anak Kolong Tangga juga memamerkan sejumlah mainan dalam ruangan. Ada boneka, robot, pistol-pistolan, sampai sepatu roda zaman dulu. Untuk pengunjung yang ingin melihat koleksi museum, wajib beli tiket Rp4 ribu dan Rp6 ribu dengan katalog. “Asli sumpah, gue langsung kebawa masa kecil dulu. Gue pernah dibelikan mainan robot beginian sama orang tua dulu. Thanks banget deh Museum Anak Kolong Tangga udah bawa gue nostalgia. Thanks Pasar Kangen,” kata Rafika Melani, salah seorang pengunjung.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar