Makanan sahur

Nyamm..Ini Menu yang Harus Kamu Coba Saat Sahur

BERITA JOGJA -Makan sahur tak asal kenyang. Ada sejumlah menu makanan yang bisa membantu menguatkan tubuh selama menjalankan ibadah puasa. Misalnya saja buah-buahan atau mencampurkannya dengan makanan berkarbohidrat yang cukup. Konsumsilah buah-buahan yang terdiri dari tiga hingga empat jenis buah yang berbeda. Mengonsumsi buah-buahan saat sahur sejalan dengan siklus sirkadian. Pada waktu-waktu tersebut tubuh sedang […]

BERITA JOGJA -Makan sahur tak asal kenyang. Ada sejumlah menu makanan yang bisa membantu menguatkan tubuh selama menjalankan ibadah puasa. Misalnya saja buah-buahan atau mencampurkannya dengan makanan berkarbohidrat yang cukup.

Makanan sahur

Istimewa

Konsumsilah buah-buahan yang terdiri dari tiga hingga empat jenis buah yang berbeda. Mengonsumsi buah-buahan saat sahur sejalan dengan siklus sirkadian. Pada waktu-waktu tersebut tubuh sedang dalam fase pembuangan. Pada fase ini, energi yang dibutuhkan sangat besar dan sebaiknya tidak membebani dengan mengkonsumsi makanan berat.

Setelah makan buah, kamu juga bisa makan menu karbohidrat atau pati sebagai menu utama. Kombinasikan menu karbohidrat dengan sayur segar sejalan dengan prinsip food combining.

Meskipun konsumsi sayur dapat disjikan dengan protein, pada saat sahur sebisa mungkin dihindari. Erikar Lebang dalam bukunya Food Combining di bulan Ramadhan mengimbau sebaiknya tidak mengkonsumsi protein saat sahur karena dikhawatirkan dapatr mengganggu percernaan.

Bagi kamu yang belum pernah mencoba food combining, disarankan bangun sahur lebih awal dari Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Minumlah segelas air hangat yang sudah diberi perasan jeruk lemon atau nipis yang bermanfaat untuk memberikan tonik pada liver yang bekerja keras sebagai katalisator serap saat tidur.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar