Olahraga Tinju di Jogja

Olahraga Tinju Gegerkan Jogja pada 1980

Oleh Maya Eka,

BERITA JOGJA – Bagi sebagian anak muda zaman sekarang, olahraga tinju mungkin bukan suatu yang menarik, dibandingkan dengan olahraga sepak bola. Namun meski begitu, olahraga tinju mempunyai masa jayanya sendiri. Di Indonesia, di Jogja khususnya, masa jaya kepopuleran olahraga tinju adalah di era 1980 hingga awal tahun 2000an. Bahkan, di tahun 1980, aktivitas di Jogjakarta […]

BERITA JOGJA – Bagi sebagian anak muda zaman sekarang, olahraga tinju mungkin bukan suatu yang menarik, dibandingkan dengan olahraga sepak bola. Namun meski begitu, olahraga tinju mempunyai masa jayanya sendiri. Di Indonesia, di Jogja khususnya, masa jaya kepopuleran olahraga tinju adalah di era 1980 hingga awal tahun 2000an.

Bahkan, di tahun 1980, aktivitas di Jogjakarta hampir lumpuh hanya karena sebuah pertandingan tinju. Pada masa itu, Oktober 1980, diadakan pertandingan antara dua bintang tinju besar, Muhammad Ali dan Larry Holmes. Dapat dikatan, bahwa pertandingan antara dua petinju ini adalah sebuah big match dalam sejarah dunia tinju.

Olahraga Tinju di Jogja

Muhammad Ali vs Larry Holmes (Foto: ESPN)

Pertandingan yang disiarkan melalui pesawat televisi nasional tersebut menarik banyak perhatian dari para penikmat tinju di Jogjakarta. Gara-gara pertandingan tersebut, ada banyak  sekolah yang berstatus negeri ataupun swasta dipulangkan lebih awal, yakni sekitar pukul 09.00 Wib. Kejadian yang serupa juga terjadi di perkantoran, ada banyak pegawai kantor yang sengaja pulang lebih awal, hanya untuk menyaksikan pertandinagn Muhammad Ali kontra Larry Holmes.

Kala itu, jumlah televisi belum sebanyak saat ini, alhasil, orang-orang yang ingin menonton pertandingan tersebut terpaksa harus merapat ke kecamatan terdekat. Seperti yang dituliskan oleh SKH KR edisi Oktober 1980, orang-orang menonton pertandigan tersebut bersama-sama di kantor kecamatan menggunakan televisi bantuan dari Deppen (Departemen Penerangan) kala itu.

Imbasnya, kegiatan di kecamatan pun ikut lumpuh. Orang-orang yang mempunyai kepantingan dengan karyawan kecamatan pun harus bersabar, dan menunggu hingga pertandingan selesai. Karena ternyata tak sedikit dari karyawan kecamatan yang ternyata ikut menonton pertandingan tinju yang dimenangi oleh Larry Holmes tersebut.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar